Karena Berbagi Tak Pernah Rugi

Mengamati Gerhana Matahari dari Ponpes Assalam

2 214

- Advertisement -

Beruntung sekali tempat tinggal saya hanya selemparan batu dari Ponpes Assalam. Di Ponpes ini setiap tahun digelar pengamatan hilal saat Ramadan. Nah bertepatan dengan gerhana matahari hari ini, Ponpes Assalam juga menggelar pengamatan gerhana. Ada dua lokasi yang disiapkan di pondok yang terletak di Kartasura, Sukoharjo ini. Satu di lantai atas (saat saya kesana digunakan oleh gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, media dan warga) dan di halaman masjid. Nah saya sendiri memilih melihat gerhana dari halaman masjid ini. Ponpes Assalam menyiapkan teleskop Bushnell Voyager untuk masyarakat yang ingin melihat gerhana seusai sholat gerhana di masjid Assalam.

Cuaca sendiri cukup cerah, dengan kacamata ND 5 (kacamata khusus dari bahan neutral density 5) kita bisa menyaksikan gerhana matahari di langit Solo. Dibantu oleh CASA (Club Astronomi Santri Assalam) pengunjung bisa menyaksikan gerhana melalui teleskop secara gratis.

Wilayah Soloraya terkena gerhana matahari parsial atau sebagian sekitar 88%. Total proses gerhana matahari selama 2 jam 16 menit mulai pukul 06.20 WIB dan berakhir pukul 08.36 WIB. Adapun puncak gerhana saat sinar matahari tertutup bulan 07.24 WIB.  

Gerhana MatahariGerhana Matahari

13ba6933-bd0c-453c-ac5b-f26e2fc036ed
Pake HP ternyata tidak bisa mengabadikan gerhana secara maksimal 🙂
Gerhana Matahari
Mengamati gerhana dengan kacamata khusus

Gerhana Matahari

- Advertisement -

  1. Agung Han says

    Reportasenya keren mas
    aktual banget
    salam sehat dan sukses amin

    1. Dimas Suyatno says

      terimakasih mas. tulisan spontan aja mas 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.