Arung Jeram Progo Rafting

Asyiknya Arung Jeram Bersama Progo Rafting

Awalnya saya berfikir rafting /arung jeram itu akan melelahkan, menguras energi dan berbiaya mahal. Sehingga beberapa kali ajakan untuk mengikuti rafting sempat saya tolak. Namun kali ini saya iyakan setelah mendapat beberapa penjelasan dari beberapa rekan yang sudah lebih dulu mencobanya. Pagi itu kami akan mencoba rafting di Progo Atas yang memiliki grade III.

Sunrise dari Irung Petruk sungguh mempesona, latar belakang gunung Lawu menambah cantiknya sunrise

Sunrise dari Irung Petruk sungguh mempesona, latar belakang gunung Lawu menambah cantiknya sunrise

Karena perkiraan perjalanan Solo – Magelang sekitar 3 jam, saya berangkat dari Solo pukul 05.00 WIB. Saya memilih jalur Solo – Boyolali – Selo – Magelang dengan pertimbangan waktu tempuh yang lebih pendek serta keinginan untuk menyaksikan sunrise dari lereng Merapi.

Pemandangan dari seberang jembatan Njrakah di pagi hari. Tampak gunung Sindoro Sumbing di kejauhan

Pemandangan dari seberang jembatan Njrakah di pagi hari. Tampak gunung Sindoro Sumbing di kejauhan

Beberapa kali saya berhenti di spot-spot yang menyajikan pemandangan menarik mulai dari Irung Petruk, Jembatan Jrakah hingga kawasan Ketep Pass. Dipagi hari kita bisa menikmati sunrise cantik dari Irung Petruk. Pemandangan gunung Merapi dan Merbabu juga tampak jelas dari jalan utama Selo – Magelang. Bahkan kita bisa melihat Merapi dengan puncaknya yang penuh dengan pasir.

Pemandangan gunung Merapi dari Selo

Pemandangan gunung Merapi dari Selo

Pukul 08.05 WIB akhirnya saya sampai di hotel Puri Asri Magelang. Setelah sampai di Progo Rafting anggapan saya bahwa rafting itu melelahkan dan menguras energi akhirnya sirna. Hanya keceriaan yang kami dapatkan, tidak ada wajah-wajah lelah yang saya lihat sebagaimana yang saya bayangkan.

Breafing sebelum mengarungi sungai Progo, Magelang

Briefing sebelum mengarungi sungai Progo, Magelang

Titik start Progo Atas ada di kawasan hotel Puri Asri Magelang, hotel bintang lima yang berada tidak jauh dari taman Kyai Langgeng. Meskipun berada dikawasan hotel namun tempat ini terbuka untuk umum baik yang ingin rafting atau berwisata karena ditempat ini tersedia berbagai wahana wisata dan kolam renang.

Progo Atas memiliki grade III yang cocok untuk bersenang-senang bersama teman atau keluarga dengan usia 7+ (artinya aman untuk anak-anak diatas 7 tahun). Ciri utama sungai dengan klasifikasi jeram grade III ini adalah, pada setiap jeramnya selalu di akhiri dengan arus tenang atau flat yang cukup panjang.Arung Jeram sungai Progo, MagelangSebelum mulai arung jeram kami dibreafing oleh tim Progo Rafting mulai dari pengenalan medan, teknik memegang dayung, cara memakai pelampung dan lain-lain. O ya tiap perahu diisi 5 orang ditambah 1 pemandu. Sebelum berarung jeram menyusuri Progo kami diberi kesempatan untuk berfoto kelompok. Ini foto kelompok kami …

Progo Rafting

Progo Rafting

Setelah semua siap, petualanganpun dimulai. Kami menyusuri rute sejauh 9 km dengan sungai berkelok dan jeram kecil dan sedang. Arung Jeram akan dibagi 2 etape :

Pengarungan – Arung Jeram Progo Atas – Etape I.
Hotel puri asri  – Lokasi Istirahat – 4Km.

  • Start arung jeram etape I.
  • Menyusur jeram-jeram Grade I-II.
  • Menyusur jeram maskot – Ace – Grade III.
  • Menyusur jeram maskot II – Rodeo – Grade III.

Istirahat – Arung Jeram Progo Atas.

Disini kami melakukan beberapa permainan diantaranya : menggulingkan kapal, atraksi loncat dan berenang dengan pelampung.

Permainan membalik kapal

Permainan membalik kapal

Progo Rafting

Loncat indah … byurrr … segeeer

Pengarungan – Arung Jeram Progo Atas – Etape II.

Lokasi Istirahat – Finish – 5Km.

  • Start arung jeram etape II.
  • Menyusur rangkaian jeram Grade I-II.
  • Berenang jeram di jeram Grade I & flat. (optional)
  • Finish Arung Jeram Progo Atas.
Dengan ijo ... sajian istimewa setelah berarung jeram ... seger

Dengan ijo … sajian istimewa setelah berarung jeram … seger

Sampai di lokasi finish kami disuguhi kelapa muda dan snack. Kami tidak merasakan capek sama sekali, bahkan meski basah kami tetap ceria bercanda bersama temen-temen lain. Rafting juga bisa dimanfaatkan untuk menguji dan memperkokoh team. Dalam satu team kita dituntut untuk saling percaya dan bekerjasama. Misalnya saat kapal kita tersangkut batu, kita harus mengurangi beban dibagian yang tersangkut agar bisa berjalan kembali. Kita juga harus kompak saat dikomando untuk mendorong maju kapal melalui dayung masing-masing. Pokoknya recomended untuk tim lah.

iklan *abaikan ;)

iklan *abaikan 😉

Berikut kontak Progo Rafring siapa tahu anda juga ingin menikmati asyiknya rafting di Progo. Ajak saya juga mau kok 🙂

Address : JL. Cempaka No. 9 Magelang, Jawa Tengah – Indonesia
Phone : +62 293 365115 ext 106 – Fax : +62 293 364400
Mobile : 0812 273 5192 – Email : isnu_progo@yahoo.co.id Web : www.progorafting.com