Karena Berbagi Tak Pernah Rugi

ASUS Kembali Hadirkan Laptop Gaming Terbaik

0 275

- Advertisement -

Beruntung akhirnya saya berkesempatan menyaksikan peluncuran laptop ROG terbaru dari ASUS dengan konsep acara yang megah. Acara peluncuran kali ini adalah event terbesar di Indonesia sejauh ini. Pada kesempatan kali ini nggak tanggung-tanggung, ASUS menghadirkan beragam tipe ROG beserta assesoriesnya. Ada ROG Mothership GZ700 yang memiliki spek tingkat “dewa”, Ada Zephyrus M, GU502, Zephyirus S GX502 dan Zephirus S GX701; kemudian ada ROG Strix Scar III dan Hero III; kemudian ada ROG Strix G G531; disusul dengan PC ROG Huracan G21CX, ROG Strix GL12CX, ROG Strix GL10CS; kemudian ada desktop ROG Swift PG35VQ serta beragam assesories yang kali ini memanjakan wanita dengan warna pink-nya.

Pada gelaran ini ASUS memamerkan semua lini laptop gaming mereka dalam arena display nan megah. Seolah ASUS ingin kembali menegaskan bahwa meraka adalah penguasan di jajaran laptop gaming. Tidak salah, karena saat ini ROG merupakan merk nomer satu dari sisi market share laptop gaming.

Nah berikut beberapa detail produk ROG terbaru tersebut.

  • ASUS ROG STRIX G531

Laptop gaming ini ditenagai oleh prosesor 9th Gen Intel Core terbaru serta chip grafis NVIDIA GeForce RTX, ROG Strix SCAR III dan Hero III dipastikan dapat menjadi senjata paling ampuh di medan pertandingan eSport yang saat ini banyak diminari itu. Laptop ini istimewa karena didesain Oleh BMW Designworks Group. Laptop ini mengadopsi desain ROG Face Off sehingga terlihat lebih ramping dan elegan. Dari sisi desain, apa saja yang diadopsi ?

Beberapa elemen desain yang diadopsi oleh ROG Strix SCAR III dan Hero III adalah engsel layar yang terinspirasi oleh desain pada pintu mobil sport. Selain itu elemen pendinginan dan bentuk bodi sebagian besar juga mengadopsi desain ROG Face Off. Seluruh port di ROG Strix SCAR III dan Hero III juga ditempatkan di sisi belakang dan samping kiri, membuat pergerakan mouse tidak akan terganggu oleh kabel atau objek lainnya yang terhubung ke port. Hal ini tidak ada pada laptop lainnya.

Selain itu ROG Strix SCAR III dan Hero III juga dilengkapi dengan fitur baru bernama Keystone, yaitu sebuah “kunci” untuk mengakses berbagai fitur ekstra di laptop terbaru ini. Keystone dipasang pada bodi ROG Strix SCAR III dan Hero III dan dapat menyimpan berbagai pengaturan yang ada di aplikasi Armoury Crate. Selain itu, Keystone juga dapat digunakan untuk menampilkan Shadow Drive, yaitu drive penyimpanan tambahan yang hanya dapat dilihat jika Keystone dipasang. So ini tentu sangat bermanfaat bagi kita khususnya dari sisi keamanan dan privasi.

Bisa dibilang ROG Strix SCAR III dan Hero III ini hadir dengan desain yang unik dan mudah untuk dikenali. Pengguna laptop gaming terbaru ini bahkan bisa membuat laptopnya tampil lebih personal melalui RGB LED yang dapat dikustomasi. Lewat aplikasi Armoury Crate, pengguna ROG Strix SCAR III dan Hero III dapat menghadirkan tampilan RGB LED sesuai dengan keinginan. Tidak hanya itu, fitur Aura Sync juga memungkinkan tampilan RGB LED di laptop gaming ini disinkronkan dengan perangkat lain seperti mouse dan headset.

ROG Strix SCAR III dan Hero III tidak hanya sekadar hadir dengan layar ultra-responsif. Laptop gaming ini juga dilengkapi dengan hardware terkini yang menjamin pengalaman bermain game maksimal, tidak hanya di seluruh judul game eSport tetapi juga pada game AAA. Lebih jauh lagi, ASUS menghadirkan opsi layar dengan refresh rate hingga 240Hz dan response time 3ms pada laptop gaming ini. ASUS juga merupakan produsen laptop pertama di dunia yang mengusung teknologi layar ultra-cepat tersebut ke dalam sebuah laptop gaming.

Laptop terbaru ini telah ditenagai oleh prosesor 9th Gen Intel Core dengan versi tertingginya yaitu Intel Core i9-9980H yang hadir dengan konfigurasi 8 core dan 16 thread. Prosesor ini dapat menghadirkan kecepatan pemrosesan hingga 4,8GHz pada mode Turbo dan merupakan salah satu prosesor mobile paling kencang dari Intel saat ini.

Dari sisi grafis, jajaran laptop ROG Strix terbaru ditenagai oleh chip grafis NVIDIA GeForce RTX dan GTX dengan versi tertingginya telah dilengkapi dengan GeForce RTX 2070. Chip grafis tersebut tidak hanya memiliki performa yang tinggi dan dapat menjalankan seluruh game eSport tanpa kompromi, bahkan game AAA pun dipastikan dapat dimainkan dengan lancar.

ROG Strix SCAR III dan Hero III telah dilengkapi dengan RAM DDR4 berkapasitas 32GB sehingga juga dapat digunakan untuk multitasking seperti bermain game sambil melakukan live streaming. Agar performanya lebih kencang, ASUS menempatkan RAM dengan frekuensi 2666MHz serta menggunakan NVMe PCIe SSD sebagai media penyimpanannya.

ASUS sangat mengerti bahwa gamer eSport tidak ingin framerate yang dihasilkan di dalam game turun secara drastis. Untuk itulah diperlukan sistem pendingin khusus untuk menjaga suhu komponen sehingga performa yang dihasilkan tetap stabil.

ROG Strix SCAR III dan Hero III menggunakan dua kipas 12V berteknologi n-Blades yang mampu menghasilkan aliran udara lebih baik dari kipas standar di laptop gaming lainnya. Teknologi n-Blades memanfaatkan bilah kipas (fan blade) terbuat dari liquid-crystal polymer yang sangat tipis namun tetap kuat menahan gaya di RPM tinggi. Sistem pendingin di laptop gaming ini juga dapat bekerja secara otomatis dan mengatur kecepatannya sesuai dengan beban kerja yang sedang berjalan.

 ROG Strix G, Sebuah Evolusi Laptop Gaming All-Round

Selain ROG Strix SCAR III dan Hero III, ASUS juga menghadirkan varian laptop gaming baru yang masuk ke dalam jajaran ROG Strix yaitu ROG Strix G. Berbeda dengan ROG Strix SCAR III dan Hero III yang dirancang khusus hanya untuk gamer eSport bahkan juga untuk atlet eSport profesional, ROG Strix G lebih dirancang untuk mereka yang gemar bermain game eSport namun tetap memainkan game lainnya.

Beberapa perbedaan yang mencolok dari ROG Strix G adalah varian dan spesifikasinya yang lebih beragam dari ROG Strix SCAR III dan Hero III. Selain itu, ROG Strix G juga tidak memiliki fitur Keystone dan menggunakan panel dengan refresh rate hingga 120Hz.

ROG STRIX HERO III Intel Core i7-9750H start from Rp 25,999,000

ROG STRIX HERO III Intel Core i7-9750H start from Rp 30,999,000

ROG SCAR III Intel Core i9-988OH start from Rp 54,999,000

ROG STRIX G G53 Intel Core i5 start from Rp 14,2999,000

ROG STRIX G G53 Intel Core i7-9750H start from Rp 17,299,000

  • ASUS ROG ZEPHYRUS

Selain ROG Strix dan Scar, ASUS juga memperkenalkan keluarga baru ROG dari seri Zephyrus. Laptop baru ini kini menggunakan prosesor 9th Gen Intel Core yang dapat memberikan performa lebih kencang dari generasi sebelumnya. Ada dua varian ROG Zephyrus yang diperkenalkan oleh ASUS kali ini, yaitu ROG Zephyrus S dan Zephyrus M. Perbedaan keduanya terdapat di desain bodi, spesifikasi, dan harga.

ROG Zephyrus S GX502

ROG Zephyrus S GX502 merupakan laptop 15-inci dengan form-factor super ringkas dan hadir dengan fitur gaming yang sangat lengkap. Dibandingkan dengan laptop 15-inci pada umumnya, ROG Zephyrus S GX502 memiliki bobot dan dimensi yang lebih kecil. Laptop gaming ini hadir dengan bodi 25% lebih tipis dan bobot hingga 42% lebih ringan dari kompetitornya.

Bodi ROG Zephyrus S GX502 dapat tampil lebih ringkas berkat layar yang menggunakan teknologi Super Narrow Bezel. Teknologi tersebut memungkinkan laptop gaming ini memiliki layar dengan bezel yang sangat tipis, sehingga keseluruhan dimensi bodi pada laptop gaming ini bisa dibuat menjadi lebih kecil.

ROG Zephyrus S GX502 juga sangat ringan dan kokoh. ROG Zephyrus S GX502 menggunakan bodi berbahan magnesium alloy ditambah dengan struktur honeycomb reinforcement, memastikan bahwa laptop ini akan tetap kuat meski memiliki bobot yang ringan. Menariknya lagi, bodi ROG Zephyrus S GX502 dirancang agar tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari (fingerprint) sehingga tidak mudah terlihat kotor.

Soal Performa, ROG Zephyrus S GX502 tidak hanya ditenagai oleh prosesor 9th Gen Intel Core. Laptop gaming ini juga hadir dengan opsi chip grafis NVIDIA GeForce RTX 2060 atau RTX 2070 yang powerful serta mendukung berbagai teknologi grafis terkini. Tidak ketinggalan sistem pendingin Intelligent Cooling yang menggunakan teknologi Active Aerodynamic System (AAS) khas seri ROG Zephyrus membuat laptop gaming ini tetap dapat berjalan stabil.

Untuk menyajikan pengalaman visual yang lebih baik, ASUS menghadirkan layar dengan refresh rate hingga 240Hz dan response time 3ms pada ROG Zephyrus S GX502. Tidak hanya itu, layar pada laptop gaming ini juga sudah mengantongi sertifikasi Pantone Validated Display. Itulah sebabnya mengapa ROG Zephyrus S GX502 juga dapat digunakan oleh para profesional yang sebagian besar membutuhkan layar dengan tingkat reproduksi warna yang sangat akurat.

Para profesional on-the-go juga akan dimanjakan dnegan laptop gaming ini berkat daya tahan baterainya yang panjang. ROG Zephyrus S GX502 mengusung baterai berkapasitas 76WHrs dan sanggup bertahan hingga 8 jam penggunaan.

ROG Zephyrus S GX701

ASUS ROG Zephyrus S GX701 terbaru merupakan laptop gaming dengan form-factor ultra-tipis dan memiliki ketebalan di bawah 2cm. Dibandingkan dengan laptop gaming tradisional sekelasnya, ROG Zephyrus S terbaru memiliki dimensi hingga 40% lebih tipis dan 23% lebih kecil. Meski tipis dan ringkas, keduanya merupakan mesin gaming dengan performa ultra-kencang yang dapat menyaingi PC desktop.

ASUS ROG Zephyrus S GX701 hadir dengan GPU NVIDIA GeForce RTX. GPU dengan arsitektur Turing terbaru tersebut kini sudah bisa digunakan secara mobile dan ASUS ROG merupakan yang pertama dalam mengadopsi teknologi baru tersebut. Kali ini, ROG Zephyrus S GX701 tampil dengan performa lebih kencang berkat penggunaan prosesor 9th Gen Intel Core.

Tidak hanya sekadar menghadirkan performa yang kencang, laptop gaming ROG RTX ini juga tampil dengan beragam fitur eksklusif yang menandakan komitmen kuat ASUS pada industri gaming. GeForce RTX juga sudah dilengkapi Tensor Core yang dapat mengakselerasi performa AI. Gabungan teknologi terbaru tersebut membuat jajaran laptop terbaru ROG mampu menghadirkan sajian visual lebih nyata sekaligus menetapkan standar baru di industri laptop gaming.

Performa yang powerful tentu akan menghasilkan panas, untuk itulah ASUS ROG Zephyrus S terbaru dilengkapi dengan teknologi pendingin Active Aerocooling System (AAS). Teknologi pendingin khusus ini hadir dengan mekanisme yang sangat unik. Bagian bawah ROG Zephyrus S terbaru akan terbuka dan keseluruhan bodi laptop akan terangkat. Mekanisme tersebut membuat ROG Zephyrus S terbaru memiliki rongga udara ekstra di bagian pendinginnya sehingga pendinginan dapat berjalan lebih optimal.

ROG Zephyrus S GX701 dan GX531 juga dibekali dengan layar berkualitas tinggi dengan bezel ultra-tipis sehingga memiliki screen-to-body ratio yang sangat besar, yaitu mencapai 81%. Bezel ultra-tipis tersebut juga merupakan kunci mengapa kedua laptop ini memiliki bodi yang sangat ringkas.

Layar ROG Zephyrus S GX701 dan GX531 juga mendukung standar gamer profesional dengan refresh rate mencapai 144Hz dan response time hanya 3ms. Selain gamer profesional, dua laptop gaming ini juga dapat digunakan oleh para profesional kreatif berkat layar dengan tingkat reproduksi warna di color space sRGB sebesar 100% dan telah tresertifikasi oleh Pantone.

ROG Zephyrus M GU502

Seperti keluarga ROG Zephyrus lainnya, ROG Zephyrus GU502DU mengadopsi bodi dengan ketebalan hanya 20mm. Dimensi keseluruhan laptop gaming ini juga lebih kecil dari kompetitornya berkat penggunaan teknologi Super Narrow Bezel. Ditambah dengan sistem pendingin khusus, ROG Zephyrus GU502 selalu tampil secara optimal di segala skenario penggunaan.

Berbeda dengan seri ROG Zephyrus pada umumnya, ROG Zephyrus GU502 kali ini tidak mengusung sistem pendingin Active Aerocooling System (AAS). Sebagai gantinya, laptop ini mengusung desain baru dengan sistem pendingin khusus yang dilengkapi teknologi Anti-Dust Cooling. Teknologi tersebut mencegah debu dan partikel lainnya menyumbat sistem pendinginan yang dapat menghambat aliran udara dan menyebabkan kerusakan komponen.

Sistem pendingin tersebut juga dilengkapi dengan saluran udara tambahan selain saluran udara di bagian bawah bodinya. Dengan demikian, laptop gaming ini tetap dapat bekerja secara optimal meski digunakan di permukaan yang tidak rata.

ROG Zephyrus GU502 mengusung layar 15,6 inci dengan resolusi Full HD. Meski demikian, laptop ini memiliki bodi yang sangat ringkas sehingga terasa seperti mengusung layar 14 inci. Hal tersebut berkat teknologi NanoEdge Display yang memungkinkan layar ROG Zephyrus GU502memiliki bezel yang sangat tipis. Ukuran bezel-nya bahkan hanya 6,2mm sehingga laptop ini dapat tampil dengan screen-to-body ratio hingga 81%.

ROG Zephyrus GU502 juga merupakan salah satu laptop gaming paling portabel yang ada di pasar saat ini. Selain memiliki bodi yang ringkas, ROG Zephyrus GU502 hadir dengan ketebalan bodi hanya 20mm saja. Sementara bobotnya yang hanya 2Kg membuat laptop ini tidak hanya mudah masuk ke dalam tas sehari-hari tetapi juga sangat nyaman dibawa bepergian.

Soal performa, ROG Zephyrus GU502 tetap tampil powerful berkat prosesor 9th Gen Intel Core, tepatnya Intel Core i7-9750H. Prosesor dengan konfigurasi 6 core dan 12 thread tersebut mampu berjalan hingga 4,5GHz pada mode Turbo. Dengan jumlah core serta thread yang lebih banyak dari generasi sebelumnya, prosesor ini dapat digunakan untuk tugas multitasking yang lebih berat seperti bermain game sambal melakukan live streaming.

Dari sisi grafis, ROG Zephyrus GU502 mengusung chip grafis terbaru NVIDIA GeForce GTX 1660 Ti yang lebih powerful dari chip grafis GeForce GTX 10 series. Chip grafis ini juga dilengkapi dengan VRAM GDDR6 sebesar 6GB yang mampu menghadirkan kualitas grafis tertinggi di dalam game.

ZEPHYRUS M GU502 Rp 25,999,000

ZEPHIRUS S GX502 start from Rp 35,999,000

ZEPHYRUS S GX701 start from Rp 48,999,000

  • ROG MOTHERSHIP

Inilah laptop gaming dewa seharga mobil atau rumah subsidi di Soloraya itu. Harganya yang mencapai 130 juta lebih paling mencuri perhatian dari tamu undangan laman launching kali ini. Laptop ini cocok banget untuk gamer yang sangat mengutamakan performa tanpa terkendala dana. ASUS menghadirkan laptop gaming bernama ROG Mothership. Berbeda dengan seluruh jajaran laptop gaming yang ada saat ini, ROG Mothership memiliki desain yang sangat unik dengan modul pemrosesan dan layar menyatu, sementara keyboard-nya dapat dilepas dan digunakan secara terpisah menggunakan koneksi nirkabel.

ROG Mothership masuk dalam kategori sebagai desktop replacement dan memiliki performa yang setara dengan PC desktop kelas high-end. Ditenagai oleh prosesor Intel Core i9 9th Gen yang paling kencang, serta dibekali dengan chip grafis NVIDIA RTX 2080 versi desktop. Kombinasi keduanya membuat tidak ada game PC yang tidak bisa ditaklukkan oleh laptop gaming super kencang ini.

Nah, desain unik ini juga ditunjang dengan sistem pendingin khusus menggunakan liquid metal sebagai pengganti thermal paste. Dengan teknologi ini diklaim mampu mendinginkan prosesor serta GPU hingga 13 derajat Celsius lebih rendah. Dengan laptop ini kini tidak perlu lagi menenteng PC atau desktop gaming.

ROG MOTHERSHIP GZ700 Rp 130,999,000

Oiya dalam kesempatan ini  ASUS mengumumkan kerjasama dengan produsen fashion olahraga Under Armour. Dalam kerjasamanya, ASUS dan Under Armour akan menghadirkan item eksklusif dengan tema Republic of Gamers (ROG) yang merupakan brand gaming dari ASUS. Item eksklusif tersebut didesain khusus untuk gamer. Jaket ekslusive ini dijual dengan harga Rp 1.999.000 dan bagi pembeli Laptop ROG terbaru akan mendapatkan gratis selama stok masih karena jumlah terbatas. Jaket eksklusif ROG x Under Armour ini bisa didapatkan secara langsung setiap pembelian laptop ASUS ROG terbaru di ROG Store. Sedangkan untuk pembeli di ASUS Exclusive Store dan ASUS Store, bisa memperoleh jaket eksklusif ini dengan cara mengajukan klaim menggunakan invoice pembelian di situs resmi ASUS.

Untuk detail semua produknya silahkan kunjungi web resmi ASUS di Asus.com/id/Laptops/Gaming-Series-Products/

- Advertisement -

Leave A Reply

Your email address will not be published.