Karena Berbagi Tak Pernah Rugi

Berburu Landak Laut di Pantai Ngobaran & Nguyahan

6 39

Diantara sekian pantai di Gunung Kidul, Ngobaran layak anda masukkan dalam daftar destinasi wisata akhir pekan anda. Pantai ini lokasinya berdekatan dengan pantai Nguyahan, sama dekatnya antara pantai Drini dengan Indrayanti. Kalau dari Wonosari satu jalur dengan air terjun Srigetuk. Untuk menuju tempat ini, anda akan melewatan jalanan berkelok naik-turun. Jangan khawatir tersesat, sudah ada penunjuk jalan kok dibeberapa persimpangan. Pantai ini masuk wilayah desa Kanigoro kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul.

Menyempatkan berfoto di salah satu icon Gunung Kidul.
Menyempatkan berfoto di salah satu icon Gunung Kidul.

Saya  berangkat dari Solo sekitar pukul 09.00 WIB, seperti biasa lewat Solobaru – Sukoharjo – Watukelir – Karangmojo – Wonosari. Sempat istirahat beberapa saat karena hujan deras di daerah Watukelir. Karena hari itu jum’at, sempat mampir juga di masjid untuk sholat Jum’at. Masjidnya lumayan bagus, tidak terlalu besar namun bangunannya cukup menarik,

sSkDSC_0227sSkDSC_0234Sekitar setengah 2 saya sampai dipantai Ngobaran. Siang itu lumayan rame karena memang bertepatan dengan libur kerja. Nah yang membedakan dari pantai lainnya adalah adanya bangunan semacam tempat ibadah (seperti pura) di bibir pantai. Menurut informasi, tempat peribadatan itu didirikan tahun 2003 untuk memperingati kehadiran Brawijaya V, salah satu keturunan raja Majapahit. Nah, katanya nih, yang beribadah disini merupakan penganut kepercayaan Kejawan. Betul tidaknya saya kurang tahu karena saat itu tidak ada prosesi ibadah.

Pantai NgobaranOya, selain bangunan semacam pura tadi, ada sebuah mushola yang dibangun disamping kanannya. Mushola ini dibiarkan tanpa ubin, alias beralas pasir. Dan yang menurut saya aneh, mushola ini letak imamnya tidak menghadap ke barat, tapi menghadap ke pantai. So, anda harus memperhatikan tanda atau bertanya sebelum sholat. Pantai ini memiliki hamparan pasir tidak begitu luas seperti pantai lain, namun menariknya jika air surut anda akan menyaksikan rumput laut berwarna hijau kecoklatan. Kalau anda naik kebukit disamping pantai Ngobaran, anda bisa menyaksikan rumput laut ini dari atas. Pemandangan dari atas cukup bagus, anda bisa menyaksikan pantai Ngobaran disisi barat sekaligus menyaksikan pantai Nguyahan disisi timur. Dipuncak bukit ini lagi-lagi juga dibangun semacam pura seperti dibawah.

Pantai NgobaranSetelah puas menikmati lautan luas dari bukit, anda bisa turun menikmati Pantai Nguyahan dengan berjalan kaki. Pantai Ngrenehan lebih luas, tersedia payung-payung berjajar jika anda tidak ingin berjemur. Disini anda juga akan menjumpai warga yang sedang mencari rumput laut ataupun bintang laut dan landak laut . Oya, setelah mengunjungi pantai ini sekalian saja ke pantai Ngrenehan, lokasinya tidak terlalu jauh dari pantai ini.

Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran & Nguyahan

Pantai Ngobaran
Menikmati pantai Ngobaran dari jendela mushola

Pantai Ngobaran

Pantai Nguyahan

  1. Hastira says

    wah pantai aku selalu suka, sekaang sudah banyak pantai yang dijadikan wisata ya

    1. Dimas Suyatno says

      mari piknik ke pantai 🙂

  2. […] Ngobaran juga akan sekaligus mengunjungi pantai Ngrenehan. Lokasi pantai ini masuh satu desa dengan pantai Ngobaran, yakni desa Kanigoro kecamatan Saptosari Kabupaten […]

  3. Prima Hapsari says

    Belum pernah ke Ngobaran mas, cakep juga ternyata ya

    1. Dimas Suyatno says

      Hayuk silahkan 👍

  4. Vina says

    Saya sedang mencari landak laut untuk dibeli, bisa dibantu lokasi tepatnya dimana ya?

    Email sloopie.made@gmail.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.