Ada “Kapal Titanic” di Pantai Watu Bale

Pagi itu cuaca mendung diikuti dengan rintik hujan. Sempat khawatir rencana untuk mengekplorasi pantai Watu Bale gagal. Namun pukul 9 cuaca mulai bersahabat, hujan mulai reda meski awan masih menyelimuti langit. Kuputuskan untuk berangkat juga menjelajah pantai yang sedang ngehits di Kebumen yakni pantai Watu Bale.

Perjalanan pun dimulai dari Ambal, kami sengaja memilih jalur lintas selatan yang membentang menghubungkan Jogja hingga Cilacap melewati Kebumen. Jalur ini relatif sepi, dengan aspal yang (beberapa tempat ada perbaikan namun overall mulus). Setelah satu jam perjalanan akhirnya sampai juga di pantai tujuan.

Lokasi Pantai

Pantai Watu Bale

Pantai Watu Bale

Pantai Watu Bale, pantai baru yang sedang ngehits di Kebumen ini baru beberapa bulan dibuka untuk umum. Pantai Watu Bale sendiri masih berada di  komplek Pantai Desa Pasir, letaknya di sebelah timur dari Wana Wisata Bahari Pasir Indah yang sebelumnya sudah saya eksplor. Secara administratif pantai ini berada di desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Bisa ditempuh sekitar 45 menit dari Gombong. Pantai ini berada di sebelah barat Pantai Karang Bolong yang sudah lama dikenal.

Pesona Pantai Watu Bale

img_20160913_112834_hdrSampai dipantai kita akan disambut dengan deburan ombak dan tulisan dari kayu yang bertuliskan “Welcome to Watu Bale Panduruan”. Sambil menikmati semilir angin laut pengelola menyediakan ayunan dibibir pantai.

Pantainya sendiri sebenarnya tidak terlalu luas, yang membuatnya berbeda dan menjadi daya tarik tersendiri yakni pemandangan yang indah mempesona dari atas dan tersedianya spot-spot yang memukau untuk wisatawan berfoto.

Tempat ini sangat cocok bagi pengemar fotografi. Ada tiga spot yang ciamik untuk berpose dengan latar belakang pemandangan indahnya Pantai Watu Bale dengan birunya langit. Tiga spot itu adalah Tebing Titanic, Jembatan Segita dan Rumah Pohon seperti di Kalibiru Kulon Progo atau di Pentulu Indah Kebumen. Jika di Kalibiru viewnya pegunungan dan pemandangan waduk sermo atau Pentulu Indah viewnya pegunungan dengan hambaran pohon pinus dengan hijaunya tanaman, di pantai Watu Bale viewnya tentu saja pantai dengan hamparan air laut, sensasi rasanya berbeda.

Untuk menuju ketiga spot foto tersebut,  terlebih dulu kita harus berjalan menaiki tangga yang terbuat dari kayu. Tiap anak tangga ada tulisannya yang menyiratkan ucapan selamat datang di Watu Bale.

Spot Foto

Sampai diatas kita akan menemukan spot-spot yang menarik untuk berfoto. Spot pertama yakni tulisan di lantai kayu berbentuk Love, naik ke atas ada gerbang bertulis Watu Bale dan Love dengan latar belakang pantai Watu Bale.

Tebing Titanic

p_20160913_125245_vhdr_on

Tebing Titanic

Tebing Titanic, disini anda bisa berfoto dengan tiruan bagian depan kapal Titanic

Rumah Pohon

Rumah Pohon seperti di Kalibiru Kulon Progo atau di Pentulu Indah Kebumen. Jika di Kalibiru viewnya pegunungan dan pemandangan waduk sermo atau Pentulu Indah viewnya pegunungan dengan hambaran pohon pinus dengan hijaunya tanaman, di pantai Watu Bale viewnya tentu saja pantai dengan hamparan air laut

Rumah Pohon seperti di Kalibiru Kulon Progo atau di Pentulu Indah Kebumen. Jika di Kalibiru viewnya pegunungan dan pemandangan waduk sermo atau Pentulu Indah viewnya pegunungan dengan hambaran pohon pinus dengan hijaunya tanaman, di pantai Watu Bale viewnya tentu saja pantai dengan hamparan laut nan luas.

Jembatan Segitiga

jembatan segitiga merupakan spot yang paling favorit karena memang instagramable. Ambil foto di spot ini, kemudian post di media sosial, dijamin akan banjir likes.

Jembatan segitiga menjadi spot yang paling favorit karena memang instagramable. Ambil foto di spot ini, kemudian post di media sosial, dijamin akan banjir like.

p_20160913_115214_hdr

Jika lelah anda bisa duduk di kursi-kursi kayu atau di bale/saung yang dibangun pengelola. Selain spot diatas disini juga ada Omah Tarzan, Kampung Saung, Camp Greg, Mushola dan warung makan, dan lembah Nouru.

Pantai Watu Bale dan Tebing Titanic
Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen
HTM : Rp. 5.000,- Berfoto di spot (tebing Titanic, Jembatan Segitiga, Rumah Pohon) Rp. 5.000,-