Akhirnya 4G Smartfren Hadir di kota Solo

Sudah lama sekali akrab dengan kata 4G. 4G, 4G, 4G demikian kata itu menggema sejak awal tahun ini. Teknologi 4g diklaim memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan teknologi sebelumnya yaitu 3G. 4G merupakan teknologi jaringan internet generasi ke-empat berbasis Internet Protocol (IP) yang membuat proses transfer data jadi lebih cepat dan stabil. Menurut info, 4G mampu memberikan kecepatan transfer data minimal 100 megabit per detik saat pengguna bergerak pada kecepatan tinggi (seperti ketika sedang berada di kereta api), serta sebesar satu gigabit per detik dalam posisi diam. Wuih…asyik!

Andromax Q dari Haier, smartphone yang digunakan untuk drive test Smartfren kali ini

Andromax Q dari Haier, smartphone yang digunakan untuk drive test Smartfren kali ini

Setelah diluncurkan di Indonesia beberapa bulan kemarin, akhirnya sebuah undangan drive test di kota Solo datang juga. Itu artinya teknologi 4G LTE sudah ready di kota Solo. Undangan kali ini berasal dari Smartfren.

CNZKWDWVEAAIC73Drive test kali ini kita menggunakan gadget Andromax Q yang memang sudah support 4G LTE. Start poin dari hotel Novotel, lokasinya dipusat kota. Dititik ini saya melakukan test dengan Ookla Speedtest. Download dapet  18,67 Mpbs upload dapet 4,3 Mbps. Kebetulan saya di dalam gedung …temen yang diluar gedung hasilnya bisa diatas 30 Mbps.

Dari Novotel kita menuju SMA 2 Surakarta, melalui jalan Gajah Mada, Di SMA 2 Surakarta digelar workshop internet cAndromaxas yang menghadirkan beberapa sumber diantaranya Dr. Sutanto, S.Si, DEA, penggagas Wikimatika. Oya speedtest disini hasilnya 20,39 Mbps untuk download dan 0,17 untuk upload.

Perjalanan dilanjutkan melewati Jl. Monginsidi – Jl. Urip Sumoharjo – Jl. Kapten Mulyadi – Jl. Veteran – Sriwedari hingga Soga Resto. Hasil speedtest di Gemlegan (Jl. Veteran) download 14,51 Mbps dan untuk upload 1,75 Mbps. Selanjutnya dikawasan stadion Sriwedari download 12,48 Mbps upload 1,86 Mbps. Overall untuk jalur yang kita lewati sinyal cukup bagus. Untuk memutar video youtube, tanpa buffering…lancar jaya. Sinyal 4G yang saya dapatkan paling kecil dikawasan Jl. Urip Sumoharjo.

CNZ8NHPUEAEgcw1

Coverage layanan 4G di kota Solo

Dengan aplikasi opensignal kita bisa mengetahui coverage layanan 4G di kota Solo. Dan dari data diatas menunjukkan sudah banyak lokasi yang dijangkau 4G dan tersebut all data 4G diatas berasal dari Smartfren. So, Smartfren merupakan operator pertama yang menggelar layanan 4G LTE di kota Solo.

Diakhir acara tidak lupa foto bareng dengan temen-temen blogger dari Solo dan jajaran Smartfren. Selamat menikmati layanan 4G LTE 🙂

Foto bareng blogger Solo dengan jajaran manajemen Smartfren

Foto bareng blogger Solo dengan jajaran manajemen Smartfren