Karena Berbagi Tak Pernah Rugi

Tips Menjaga Jantung Sehat

2 157

- Advertisement -

Usia bukanlah ukuran penderita sakit jantung atau lemah jantung. Saat ini banyak sekali mereka yang usianya masih muda mempunyai penyakit jantung atau lemah jantung. Faktor lingkungan, gaya hidup dan kebiasaan yang jelek bisa menyebabkan timbulnya penyakit ini. Jantung merupakan organ vital manusia, jika kinerja organ ini sedikit saja terganggu akibatnya bisa fatal, akibat paling buruk yaitu kematian. Jantung berfungsi mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh kita yang kemudian akan membawa kembali aliran darah tersebut ke jantung dan disalurkan kembali ke seluruh tubuh. Proses ini berlangsung terus-menerus tanpa henti.

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian terbanyak. Seseorang terkadang tidak menyadari apabila dirinya memiliki penyakit jantung. Serangan penyakit jantung bisa datang tiba-tiba dan bila serangan berat seketika bisa menyebabkan kematian.  Belakang ini, banyak atlet sepak bola yang terkena serangan jantung mendadak padahal dia sedang berlatih atau bermain di lapangan hijau. Untuk itu kita perlu selalu waspada dan memperhatikan kesehatan jantung kita.

Jantung Sehat
Mari jaga jantung sehat (foto : iberita.com)

Ciri awal penderita jantung bisa berbeda antara satu orang dengan yang lain. Banyak orang yang  menyamaratakan antara sakit jantung dan serangan jantung padahal keduanya dua hal yang berbeda. Perbedaanya terletak pada maknanya, jika sakit jantung berarti ketidakmampuan jantung dalam memompa darah keseluruh tubuh, sedangkan serangan jantung adalah terjadinya penyumbatan atau pengecilan pembuluh darah. Terlepas dari perbedaannya, keduanya masih berkaitan.

Tanda – Tanda Penyakit Jantung

  • Sakit kepala

Sakit pada bagian kepala bisa menjadi ciri seseorang mempunyai masalah dengan jantungnya. Sakit kepala pada penderita sakit jantung terjadi karena penyempitan sirkulasi darah di kepala.

  • Nyeri di dada

Nyeri pada bagian dada bisa menjadi pertanda penyakit jantung, tetapi bisa juga karena penyakit lainnya. Untuk memastikannya kita harus berhati-hati dan segera memeriksakan diri ke dokter karena nyeri yang terjadi di dada pada sesorang yang terkena serangan jantung bisa menganggu aliran darah.

  • Mudah lelah

Ciri penyakit jantung lainnya yaitu seseorang merasa mudah lelah padahal tidak melakukan aktivitas berat apapun. Apabila anda merasa mudah lelah segera konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya.

  • Sesak napas

Sesak napas bisa diakibatkan adanya hambatan dari pendistribusian aliran darah sehingga menyebabkan ketidakteraturan denyut jantung.

  • Sering merasa cemas

Seseorang yang mengalami serangan jantung bisa mengalami trauma sehingga menimbulkan ketegangan dan kecemasan yang berlebihan. Hal ini harus dihindari karena bisa memicu kembali serangan jantung.

  • Adanya pembekakan

Timbulnya pembekakan pada bagian tubuh tertentu bisa menjadi tanda penyakit jantung. Pembekakan ini terjadi karena adanya penumpukan cairan dalam tubuh

  • Keluar keringat dingin

Seseorang harus waspada jika tubuh sering mengeluarkan keringat padahal sedang tidak melakukan olahraga atau melakukan aktivitas.

Jika anda mengalami gejala seperti diatas jangan langsung menyimpulkan anda menderita sakit jantung, bisa juga penyakit lainnya yang gejalanya mirip dengan penyakit jantung. Jika mengalami gejala diatas segera konsultasi dengan dokter untuk diagnosa lebih lanjut.

Memiliki jantung yang sehat merupakan idaman semua orang. Dengan jantung yang sehat otomatis produktivitas kita tetap terjaga karena kita bisa melakukan aktivitas apa saja. Sebenarnya menjaga kesehatan jantung sangat mudah dilakukan, perubahan gaya hidup yang kecil saja bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Kita bisa memulainya dengan gaya hidup yang sehat.

H2: Health and Happiness – Superba Krill Oil membantu menjaga jantung sehat (foto: dok. pribadi)
H2: Health and Happiness – Superba Krill Oil membantu menjaga jantung sehat (foto: dok. pribadi)

Tips Merawat Jantung Sehat

  • Rajin Olahraga

Agar jantung sehat dan kuat perlu otot jantung perlu dilatih. Latihan olahraga seperti jalan santai, jalan cepat, lari, berenang atau bersepeda bisa melatih agar jantung tetap prima. Cukup luangkan waktu 30 menit saja tiap hari untuk berolahraga ringan. Olahraga yang teratur disamping bagus untuk melatih otot jantung kita juga sangat baik untuk tubuh kita tetap dalam kondisi fit dan prima.

  • Berhentilah merokok

Rokok mengandung zat yang berbahaya. Menghisap rokok atau terkena asap rokok dapat meningkatkan kolesterol jahat dalam jantung yang bisa meningkatkan resiko pengumpalan darah. Jika anda saat ini masih merokok mulailah berhenti merokok karena rokok tidak baik bagi kesehatan baik bagi perokok atau orang disekeliling anda yang terpapar asap rokok.

  • Berjemur

Kita bisa dengan mudah dan gratis mendapatkan vitamin D yakni dengan berjemur. Sinar matahari mengandung vitamin D yang dapat meminimalkan pembentuk plak di pembuluh darah. Untuk mendapatkan vitamin D terbaik kita bisa berjemur pada pagi hari sebelum pukul 09.00 pagi sekitar 15-30 menit.

  • Istirahat yang cukup

Orang yang tidak mempunyai waktu tidur yang cukup bisa meningkatkan resiko terkena serangan jantung dan stroke. Tidur kurang dari lima jam sehari mendorong adanya penumpukan mineral kalsium dalam pembuluh darah yang suatu saat bisa memicu serangan jantung. Waktu tidur ideal yakni antara 6 – 7 jam sehari bagi orang dewasa.

  • Konsumsi air putih

Minum air putih secara teratur sangat baik bagi tubuh kita dan juga untuk kesehatan jantung. Kita mengkonsumsi air putih dalam satu hari minimal  lima gelas. Dalam penelitian air putih bisa mngencerkan pembuluh darah sehingga bisa menghindari pembekuan pembuluh darah.

  • Kelola emosi dengan bersantai sejenak

Stres merupakan pemicu terjadinya serangan jantung. Saat anda stress, jantung menerima adrenalinan dalam tingkat yang banyak. Hal ini bisa menimbulkan ketidakteraturan denyut jantung sehingga bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Jadi kelola emosi dan stress anda dengan bersantai sejenak dan tertawalah. Karena dengan tertawa kita bisa melepaskan stress.

  • Konsumsi makanan bergizi

Cara agar jantung tetap sehat dan kuat yakni dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi baik. Sebisa mungkin hindari makan makanan yang cepat saji atau instan karena tidak mengandung komposisi yang sehat. Sebaiknya kita mengkonsumsi makanan rumahan yang jelas terjamin kandungan gizinya.

  • Konsumsi makanan laut

Makanan laut banyak mengandung asam lemak omega-3 sangat baik untuk menjaga kekuatan dan kesehatan jantung.

201652030129_KRILL-OIL-2

  • Konsumsi H2: Health and Happiness – Superba Krill Oil

Untuk menjaga jantung tetap sehat keluarga kami mengkonsumsi H2: Health and Happiness – Superba Krill Oil. Merupakan suplemen kesehatan menyeluruh (hollistic wellness) yang terutama berguna untuk meningkatkan kesehatan persendian dan meningkatkan kesehatan jantung karena kandungan: 100% Pure Superba Krill Oil 500 mg, Total Omega-3 110 mg, EPA 60 mg, DHA 28 mg. Komponen – komponen ini akan diserap oleh tubuh dalam bentuk fosfolipid. Mengkonsumsi 1 kali sehari 1 kapsul akan membantu menjaga kesehatan jantung dan persendian kita.

Berikut video singkat seputar Superba Krill Oil :

H2: Health and Happiness – Superba Krill Oil memiliki banyak kelebihan dibandingkan minyak ikan, berikut kelebihannya :

201646031104_Kelebihan-krill-oil

Dengan memiliki jantung yang sehat dan kuat maka aktivitas peredaraan darah lancar sehingga tubuh kita akan tetap sehat dan prima. Yuk jaga jantung tetap sehat dengan berolahraga, mengatur konsumsi makanan, tinggalkan kebiasaan buruk dan mengkonsumsi secara rutin H2: Health and Happiness – Superba Krill Oil secara teratur.

Daftar referensi :

  1. http://seranganjantung.org/
  2. http://hariansehat.com/gejala-awal-penyakit-jantung/

Benner H2

- Advertisement -

  1. Muhammad Afif says

    Yang penting disaat usia muda sering olahraga seperti lari dan jangan sesekali mencoba utk merokok! Insyaallah jantung akan senantiasa sehat 🙂

    1. Dimas Suyatno says

      Siap mas.

Leave A Reply

Your email address will not be published.