Karena Berbagi Tak Pernah Rugi

Nyeri karena Duduk Terlalu Lama? H2 Superba Krill Oil Solusinya

4 334

- Advertisement -

Bagi anda pegawai kantor atau siapapun anda yang setiap hari berlama-lama duduk di atas kursi patut waspada! Para ahli telah menemukan setidaknya ada 24 kondisi kronis yang berhubungan dengan bahaya duduk di tempat kerja. Nah salah satunya adalah kemungkinan nyeri dan sakit punggung. Duduk berjam-jam bisa menjadi penyebab utama sakit punggung. Bahkan bisa mengubah keteguhan tulang belakang dan menambah risiko nyeri dan cedera punggung bawah.

Lantas bagaimana menghindari nyeri? Posisi duduk yang benar akan menghindari nyeri dan pegal. Nyeri punggung terjadi karena kerja otot trapezius yang berlebihan. Saat kita duduk di depan komputer atau meja kerja dengan posisi tubuh dan leher yang tidak tepat akan membuat beban oto trapezius makin berat.

Bagaimana posisi duduk yang benar? 

H2 Superba Krill OilPosisi duduk yang benar adalah posisi duduk ergonomis. Gunakan kursi dan meja yang ergonomis, kursi yang membuat tubuh dan otot pada posisi yang benar saat duduk. Sandaran kursi harus dapat menyesuaikan dengan pinggang dan punggung bagian bawah. Ketinggian kursi juga harus dapat disesuaikan sehingga telapak kaki dapat menjejak lantai, namun bagian belakang lutut tidak menyentuh ujung dudukan kursi tersebut.

Jika terdapat sandaran lengan, posisi sandaran tersebut dapat menyangga lengan dan bahu dengan baik sehingga tangan saat menulis atau mengetik usahakan membentuk sudut 90 derajat, tidak lebih tinggi atau rendah.

Pengaturan meja kerja juga tidak kalah penting. Pada meja, letakkan benda-benda yang sering dibutuhkan sedekat mungkin. Kontraksi otot pada saat meraih benda-benda dapat menambah tekanan pada otot bahu. Monitor komputer juga diletakkan pada meja dengan ketingga yang pas, yaitu sejajar dengan mata. Hal ini akan meminimalisir kontraksi pada otot bahu dan leher.

Cara mengatasi nyeri secara alami

Gunakan ramuan Jahe, buat larutan yang terdiri dari campuran alkohol 75%, jahe yang telah diiris-iris, cabe rawit yang telah bersih dari tangkainya. Fermentasikan larutan tersebut selama 2 minggu. Oleskan pada bagian pinggang yang sakit.

Untuk mengatasi nyeri punggung, anda bisa mencoba gerakan berikut sebagaimana saya kutip dari http://female.kompas.com :

  1. 7176412197_526b255c9cStretching
    Stretching atau peregangan terbukti memiliki manfaat yang sama dengan yoga untuk mengurangi gejala sakit punggung. Peregangan dalam bentuk apapun, baik peregangan statis atau dinamis (bergerak dengan rangkaian gerakan lengkap), terbukti membantu meningkatkan fleksibilitas dan menurunkan risiko sakit punggung.

Untuk itu, lakukan gerakan half lunge berikut :

Berdirilah dengan kaki kiri di depan. Tekuk lutut depan membentuk sudut 90 derajat. Luruskan kaki kanan di belakang sampai beberapa sentimeter dari lantai (inilah yang disebut posisi lunge). Putar pinggul ke arah kanan secara perlahan sampai otot perut sedikit tertarik. Tahan selama 20-30 detik, dan lakukan pada sisi tubuh sebaliknya.

  1. 7361636218_51427d9ddfYoga
    Orang yang sering berlatih yoga ternyata memiliki daya tahan tubuh dari rasa sakit yang lebih tinggi dibanding yang tidak melakukan yoga. Yoga menggabungkan latihan peregangan, kekuatan, dan keseimbangan pose yang membantu menopang otot yang lemah, dan merilekskan otot yang tegang. Yoga juga merupakan olahraga yang bisa meredakan stres.

Lakukan gerakan berikut : Duduklah bersimpuh di atas tumit. Kemudian tekuk tubuh ke arah depan sampai wajah menyentuh lantai. Bentangkan lengan ke depan, dan tahan posisi ini selama 30-60 detik.

  1. 7361636132_8c6c436e44Latihan beban
    Para terapis fisik telah lama menganjurkan untuk melawan sakit punggung dengan menggunakan latihan beban. Latihan ini dianggap mampu meningkatkan kekuatan tubuh, dan mengembalikan fungsi tubuh seperti saat kondisi normalnya. Latihan ini juga mampu menstabilkan dan memperkuat tubuh Anda.Lakukan gerakan berikut : Berdiri dengan kaki selebar bahu, kemudian tekuk lutut sampai dalam posisi seperti duduk (inilah yang disebut posisi squat). Tangkupkan tangan ke depan, kemudian angkat pinggul sampai posisi berdiri, kemudian tekuk lagi lutut seperti posisi duduk. Tahan selama satu hitungan, dan ulangi antara 10-15 kali.
  2. 7176412463_3c3d4bd53fPilates
    Sebuah penelitian di Kanada menemukan bahwa pasien yang mengalami nyeri punggung yang tidak terlalu parah bisa sembuh setelah melakukan latihan Pilates selama empat setengah jam selama seminggu, dibandingkan dengan yang hanya melakukan perawatan dokter. Pilates mampu memperkuat otot inti yang mendukung tulang belakang, sehingga mengurangi risiko cidera. Pilates juga mampu meningkatkan fleksibilitas tubuh sehingga mempermudah tubuh untuk bergerak tanpa rasa sakit.

Lakukan gerakan berikut ini : Berbaringlah telentang di atas lantai, kemudian tekuklah lutut. Sembari menghembuskan nafas, angkat pinggul sedikit ke atas (dalam yoga, posisi ini biasa disebut bridge pose). Jaga agar posisi bokong dan tulang belakang tidak terlalu jauh dari lantai. Tahan selama beberapa detik, kemudian tarik nafas dan kembali ke posisi netral (menyentuh lantai). Ulangi antara lima sampai 10 kali.

Selain cara diatas anda juga bisa mencoba kombinasi suplemen H2 Health & happiness superba krill oil dan stretching untuk mengurangi nyeri. H2: Health and Happiness – Superba Krill Oil merupakan suplemen kesehatan menyeluruh (hollistic wellness) yang terutama berguna untuk meningkatkan kesehatan persendian dan meningkatkan kesehatan jantung karena kandungan: 100% Pure Superba Krill Oil 500 mg, Total Omega-3 110 mg, EPA 60 mg, DHA 28 mg.

Untuk jelasnya tentang H2 Superba Krill Oil silahkan saksikan video berikut :

Demikian, semoga bermanfaat.

BannerPoint-Kalbe

 

- Advertisement -

  1. Agung Han says

    Informasi yang bermanfaat
    Duduk terlalu lama memang tidak baik

    1. Dimas Suyatno says

      iya mas Agung. Saya sendiri kebetulan juga mengalami hal yang sama, Pagi jam 8 sampe sore duduk terus.

  2. arif rahman says

    Kalau saya sesekali olahraga ringan atau gak berdiri sebentar terus mondar mandir sambil liat area yang punya pemandangan fresh. Gak lama-lama, cuma sekitar 1-5 menit aja.

    1. Dimas Suyatno says

      solusi yang bagus mas.

Leave A Reply

Your email address will not be published.