Karena Berbagi Tak Pernah Rugi

Sepanjang, Pantai dengan Garis Pantai Terpanjang

6 49

Ada banyak pilihan pantai di Gunungkidul. Mulai dari yang sudah lama dikenal seperti Baron, Krakal, Kukup; yang lagi ngehits seperti Indrayanti, Nglambor dan Timang; hingga yang nggak banyak diketahui orang seperti pantai Sedahan, Greweng dan Kesirat.

Nah melanjutkan explore pantai-pantai di Gunungkidul, kali ini saya mengunjungi pantai Sepanjang. Ya, garis pantainya memang panjang sehingga disebut pantai Sepanjang. Akses menuju lokasi ini juga sangat mudah, tidak jauh dari jalan utama. Berada di deretan jalur menuju pantai Drini, Indrayanti, Kukup dan lainnya.

Yang berbeda dengan beberapa pantai lainnya adalah banyaknya ganggang, rumput laut dan kerang. Saat saya kesini banyak mahasiswa yang sedang berburu ganggang untuk bahan penelitian. Pantai ini ramai di sore hari, saat air surut dimana ganggang dan rumput laut terlihat jelas.

Menurut cerita, di pantai Sepanjang ini terdapat situs peninggalan jaman dahulu yang bernama Banyusepuh. Nah Banyusepuh bisa diartikan membasuh dengan air. Tempat ini menjadi mata air yang digunakan untuk membasuh dan memandikan benda-benda pusaka.Namun katanya sekarang mata air Banyusepuh telah telah kering, sehingga susah ditemukan.

Disini kamu bisa menikmati aneka makanan laut dari hasil nelayan sekitar. Kamu bisa makan disini atau membawanya sebagai buah tangan.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Sepanjang

Seperti disampaikan diatas, akses lokasi menuju pantai ini sangat mudah. Arahkan saya kendaraan menuju pantai Baron. Lokasinya searah dengan lokasi menuju pantai Drini, Indrayanti/Pulangsawal, Krakal dan lain-lain. Menuju kesini semakin mudah dengan adanya tulisan besar di pinggir jalan utama. Secara administratif pantai Sepanjang berada di desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Propinsi Yogyakarta

Tiket Masuk

Pemkab Gunungkidul menerapkan tiket masuk terusan yakni Rp. 10.000,- per orang untuk pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal, Sundak, Pulangsawal (Indrayanti) dan Poktunggal serta pantai-pantai sekitarnya. So, cukup bayar satu kali untuk mengeksplorasi semua pantai ini. Tiket sudah termasuk asuransi Jasa Raharja. Adapun untuk parkir : mobil Rp. 5.000,- dan  motor Rp. 2.000,-

Fasilitas Di Pantai Sepanjang 

Fasilitas di pantai ini sudah cukup lengkap mulai dari masjid megah dua lantai, warung makan yang berjajar di sepanjang pinggir pantai, penginapan, tempat parkir yang luas, kamar mandi & toilet hingga jasa penyedia foto instan. Tempat ini juga menjadi pilihan untuk camping.

 

  1. Angga Gilang says

    Memang keren pantainya,kapan bisa main kesana?

    1. Dimas Suyatno says

      Hayuk kapan..diagendakan

  2. utie adnu says

    Bagus bersih pantainya ,,, bara tau sy ini,. Mdh2an bisa kesana bw kelg,,

    1. Dimas Suyatno says

      Amiin

  3. Budi Santoso says

    malah belum pernah ke pantai sepanjang.

    1. Dimas Suyatno says

      nah kan..yuk kapan ?

Leave A Reply

Your email address will not be published.