Karena Berbagi Tak Pernah Rugi

Melihat Karya Modifikator Muda di Honda Modif Contest 2016

5 407

- Advertisement -

Astra Motor Semarang sebagai Main Dealer Sepeda Motor Honda untuk wilayah Jawa Tegah bekerjasama dengan PT Astra Honda Motor (AHM) kembali mewadahi aspirasi kreatifitas modifikator muda Indonesia dengan menggelar Honda Modif Contest (HMC) 2016. Tahun ini, gelaran HMC semakin luas merangkul modifikator dengan ekspansi ke 15 kota penyelenggaraan atau hampir dua kali lipat dari kegiatan serupa tahun lalu.

Solo menjadi tuan rumah penyelenggaraan kedua yang diselenggarakan di Lapangan Manahan Solo, 19 – 20 Maret 2016, Gratis untuk umum, dimeriahkan dengan berbagai acara live musik, games berhadiah, kuis, test ride, seleksi team lomba Safety Riding Nasional, pameran produk Honda dengan program harga khusus dll. 

Honda Modif Contest
Honda Modif Contest

Gelaran akbar modifikasi sepeda motor terbesar di Indonesia ini ditargetkan mampu merangkul sebanyak 1.900 modifikator muda berbakat Tanah Air di seluruh Indonesia. Selain itu, HMC 2016 juga memberikan area khusus modifikasi para anggota komunitas sepeda motor Honda yang turut dilombakan di setiap kota penyelenggaraan.

HMC secara konsisten digelar AHM sejak tahun 2009 dengan menggandeng ratusan modifikator berbakat Tanah Air setiap tahunnya. Gelaran pada tahun ini diperluas menjadi 15 kota dari HMC 2015 yang berjumlah 8 kota. HMC 2016 mulai dibuka di kota Bandung, Jawa Barat pada 5-6 Maret 2016. 

Honda Modif ContestSelanjutnya, tahun ini kegiatan serupa juga digelar di Solo, Jawa Tengah (19-20 Maret), Makassar, Sulawesi Selatan (2-3 April), Banjarmasin, Kalimantan Selatan (16-17 April), Bandar Lampung, Lampung (30 April – 1 Mei), Serpong, Tangerang Selatan (7-8 Mei), Cirebon, Jawa Barat (14-15 Mei), Pekanbaru, Riau (28-29 Mei), Denpasar, Bali (18-19 Juni), Surabaya, Jawa Timur (23-24 Juli), Manado, Sulawesi Utara (6-7 Agustus), Mataram, Nusa Tenggara Barat (20-21 Agustus), Malang, Jawa Timur (27-28 Agustus), Balikpapan, Kalimantan Timur (3-4 September), dan ditutup melalui Final Battle HMC 2016 di Jakarta (17-18 September).

Untuk mewadahi ragam aspirasi konsep modifikasi, para modifikator dapat memilih salah satu dari 14 kelas HMC 2016, yakni 11 kelas untuk motor tahun produksi di atas 2006 (Matic Stock/Bo    lt On, Scoopy Stock/Bolt On, Matic Advance, Sport Fairing, Sport Naked, Matic Racing Style, Cub and Sport Racing Style, Airbrush Graphic, Airbrush Realist/Cartoon, Stikers and Decals, serta Free For all), dan 3 kelas untuk motor tahun produksi di bawah 2006 (Choppy Cub, Cafe Racer & Bratstyle dan Free For All).

Honda Modif ContestTahun ini, HMC 2016 menambah 3 kelas penghargaan motor modifikasi terbaik untuk Special Achievement  yaitu Best Innovation, Best Rookie, dan Best Pick. Ketiga kelas terbaru HMC 2016 ini merupakan bagian dari apresiasi AHM terhadap modifikator pemula serta para jurnalis.

Untuk memastikan motor yang dimodifikasi ini aman dikendarai, dalam kriteria penilaian, AHM memasukkan syarat wajib uji coba kelayakan jalan sejauh 300 meter.  Tes jalan ini merupakan salah satu poin penilaian penting di samping penilaian lainnya seperti ide/konsep, fungsi, estetika, finishing dan detail dari motor yang dimodifikasi.

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, A. Indraputra, mengatakan ekspansi penyelenggaraan kontes modifikasi Honda merupakan bukti konsistensi AHM untuk menyediakan wadah seluas-luasnya bagi generasi  muda Indonesia dalam berkreasi mewujudkan mimpi kreatifnya di atas sepeda motor Honda. Sebagai pelopor keselamatan berkendara di Tanah Air, AHM pun secara

konsisten menempatkan keselamatan berkendara sebagai salah satu hal penting dalam memodifikasi sepeda motor.

“Kami sadar bahwa jumlah modifikator muda yang memiliki kreativitas tinggi sangat banyak tersebar di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, kami memperluas area kontes modifikasi Honda menjadi 15 kota pada HMC tahun ini. Tentunya motor modifikasi di HMC tidak hanya harus baik secara estetika dan teknik modifikasi, tapi juga harus aman dan layak dikendarai di jalan raya,” ujar Indraputra.

Numpang narsis …

Dalam mengkampanyekan keselamatan berkendara ke seluruh peserta dan pengunjung HMC 2016, AHM dan jaringan main dealernya menggelar kegiatan seminar dan edukasi safety riding di sela-sela kegiatan modifikasi ini.Acara ini diselengarakan bekerja sama dengan kepolisian setempat yang didukung oleh para instruktur safety riding terlatih Honda.

Pada ajang lomba modifikasi Honda ini, para modifikator HMC 2016 ini memperebutkan beragam hadiah menarik. Dari gelaran di 14 kota besar, AHM akan memilih satu pemenang pada setiap kelas untuk dikompetisikan kembali di ajang akbar Final Battle HMC 2016. Selanjutnya akan dipilih 3 orang pemenang terbaik sebagai pemenang nasional dengan 3 kategori yakni Matic, Cub and Sport, serta Free For All.

Para jawara modifikasi sepeda motor Honda terbaik dalam ajang ini akan mendapat kesempatan memperkaya kompetensi modifikasinya pada ajang modifikasi nasional bergengsi di Indonesia, Kustomfest pada 8-9 Oktober 2016 di Yogyakarta.

HMC 2016 didukung oleh jaringan main dealer sepeda motor Honda yakni PT Capella Dinamik Nusantara, PT Tunas Dwipa Marta, PT Wahana Makmur Sejati, PT Daya Adicipta Motora, Astra Motor Semarang, Astra Motor Yogyakarta,  PT Mitra Pinasthika Mulia, Astra Motor Denpasar, Astra Motor Mataram, PT Trio Motor, Astra Motor Balikpapan, PT Daya Adicipta Wisesa, Astra Motor Makassar.

“Kami berharap HMC dapat menciptakan lebih banyak lagi modifikator-modifikator berbakat yang dapat memberikan kebanggaan untuk bangsa ini. Serta memberikan inspirasi masyarakat Indonesia yang ingin memodifikasi sepeda motor Honda kesayangannya,” tambah Indraputra.

Berikut Hasil keseluruhan Honda Modif Contest , Manahan- Solo 19-20 Maret 2016:

Best All Rookie – beat 2011 – Ary Rohcman Wibowo – Kartasura

Best Innovation – gl 100 – Adi Wibowo – Boyolali

Matic Stock Bolt On – Vario 2015 – Tubagus Hasbi Ramadhan Hidayat – Boyolali

Scoopy Stock Bolt On – Scoopy2015 – Agus Indriana – Purwodadi

Matic Advance – Vario2011 – Wisnu Danang Prasetyo – Semarang

Matic Racing Style – Beat2011 – Ary Rochman Wibowo – Kartasura

Bebek & Sport Racing Style – Blade 2010 – Imam Syofian – Jepara

Stiker/Decals- Beat 2013 – Bima Wisanjaya – Klaten

Airbrush Grafis – Megapro 2009 – Arianto Purwatama – Solo

Aiibrush Realis – megapro2007- Syafiq Abrori- Solo

Sport Fairing – megapro2008 – Heru Yusgianto – Solo

Sport Naked – megapro2007 – Ivan Suryo Purnomo Putra – Solo

Free For All > 2006 – Tiger 2010 – Benny Zulinsyah – Banyumas

Coppy Cub – Astrea 1993 – Muhammad Arinalhaq – Semarang

Cafe Racer & Bratstyle – Tiger 1997 – Mohammad Eko Aryanto – Boyolali

Free For All <2006 – Gl100 1979 – Adi Widoyo – Boyolali

- Advertisement -

  1. sari widiarti says

    yang ungu kok garang ya, padahal ungu warna feminim juga loh 😀

    1. Dimas Suyatno says

      pinter-pinternya modifikator 🙂

  2. D Sukmana Adi says

    keren bro, anak muda kita kreativ kayak gini jadi seneng

    1. Dimas Suyatno says

      yes ndan

  3. Jarwadi MJ says

    kreatif2 ya mas, apik apik tenan iki

Leave A Reply

Your email address will not be published.