Karena Berbagi Tak Pernah Rugi

Asian Games 2018, Energy of Asia

7 223

- Advertisement -

Perhelatan akbar pesta olahraga terbesar di Asia kembali akan digelar.  Kali ini sangat istimewa karena akan digelar di tanah air tercinta, Indonesia. Berbagai persiapan telah dilakukan, mulai dari  ceremony pembukaan, venue, persiapan atlit, insfastruktur, publikasi , akomodasi dan aneka aspek penting lainnya.

Mengutip dari wikipedia.org,, Asian Games digelar mulai tahun 1951. Terjadi pasang surut penyelenggaraan pesta olah raga Asia ini salah satunya pemindahal lokasi pada Asian Games ke-VI dan VIII karena dinamika di negara tuan rumah dan dinamika politik negara di Asia dan dunia. Berikut daftar waktu pelaksanaan dan lokasi Asian Games dari pertama hingga tahun ini :

Tahun Acara Tanggal pertandingan Tuan rumah Negara Juara
1951 I 4-11 Maret New Delhi Bendera India India Jepang
1954 II 1-9 Mei Manila Bendera Filipina Filipina Jepang
1958 III 24 Mei-1 Juni Tokyo Bendera Jepang Jepang Jepang
1962 IV 24 Agustus-4 September Jakarta Bendera Indonesia Indonesia Jepang
1966 V 9-20 Desember Bangkok Bendera Thailand Thailand Jepang
1970 VI 24 Agustus-4 September Korea SelatanBangkok Bendera Korea Selatan Korea SelatanBendera Thailand Thailand Jepang
1974 VII 1-16 September Teheran Bendera Iran Iran Jepang
1978 VIII 9-20 Desember PakistanBangkok Bendera Pakistan PakistanBendera Thailand Thailand Jepang
1982 IX 19 November-4 Desember New Delhi Bendera India India Republik Rakyat Tiongkok
1986 X 20 September-5 Oktober Seoul Bendera Korea Selatan Korea Selatan Republik Rakyat Tiongkok
1990 XI 22 September-7 Oktober Beijing  Republik Rakyat Tiongkok Republik Rakyat Tiongkok
1994 XII 2-16 Oktober Hiroshima Bendera Jepang Jepang Republik Rakyat Tiongkok
1998 XIII 6-20 Desember Bangkok Bendera Thailand Thailand Republik Rakyat Tiongkok
2002 XIV 29 September-14 Oktober Busan Bendera Korea Selatan Korea Selatan Republik Rakyat Tiongkok
2006 XV 1-15 Desember Doha Bendera Qatar Qatar Republik Rakyat Tiongkok
2010 XVI 12-27 November Guangzhou  Republik Rakyat Tiongkok Republik Rakyat Tiongkok
2014 XVII 19 September-4 Oktober Incheon  Korea Selatan Republik Rakyat Tiongkok
2018 XVIII 18 Agustus – 2 September Jakarta dan Palembang Bendera Indonesia Indonesia

 

Asian Games 2018 digelar di 2 kota yakni  Jakarta – Palembang.  Mengusung tema “Energy of Asia”  Asian Games menunjukkan keberagaman budaya, bahasa dan peninggalan sejarah, saat semua elemen ini bersatu, ini akan menjadi kekuatan utama yang diperhitungkan dunia. Hal ini juga terdapat pada nilai yang dipegang teguh Indonesia, rumah bagi ratusan etnis dengan begitu banyak bahasa yang berbeda. Para Bapak Pendiri kita telah membayangkan sebuah bangsa yang kuat dan bersatu di bawah filosofi Bhinneka Tunggal Ika.

Nilai – nilai ini diperkuat dengan 3 maskot dengan energi berbeda, merepresentasikan energi yang terdapat pada Asian Games.

  1. Bhin Bhin adalah seekor burung Cendrawasih (Paradisaea Apoda) yang merepresentasikan strategi. Bhin Bhin mengenakan rompi dengan motif Asmat dari Papua.
  2. Atung adalah seekor rusa Bawean (Hyelaphus Kuhlii) yang merepresentasikan kecepatan. Atung mengenakan sarung dengan motif tumpal dari Jakarta.
  3. Kaka adalah seekor badak bercula satu (Rhinoceros Sondaicus) yang merepresentasikan kekuatan. Kaka mengenakan pakaian tradisional dengan motif bunga khas Palembang.

Bhin Bhin, Atung, Kaka,; tiga maskot Asian Games 2018

Seluruh persiapan Asian Games 2018 dilakukan oleh INASGOC atau Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee. Ini merupakan komite resmi yang dibentuk oleh pemerintah Indonesia setelah ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games ke-18. Sesuai hasil rapat pada Olympic Council of Asia Meeting di Incheon, Korea Selatan tanggal 19 September 2014.

Dalam menjalankan aktifitas, INASGOC bertanggung jawab sebagai panitia pelaksana yang akan menyusun rencana, menyiapkan dan menyelenggarakan Asian Games 2018. Penyelenggaraan acara tersebut akan berlangsung di Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Banten pada tahun 2018. Panitia Nasional INASGOC bertanggung jawab langsung kepada Presiden Republik Indonesia.

Sejak tahun 2016 INASGOC berfokus untuk merampungkan revitalisasi berbagai lokasi pertandingan yang akan diadakan di 4 Provinsi tersebut di atas. INASGOC juga mulai merekrut sekitar 15.000 relawan untuk membantu pre-event dan main event Asian Games 2018 mendatang.

Terdapat 45 negara yang akan bertanding di  Asian Games 2018  : Afghanistan, Bahrain, Bangladesh, Bhutan, Brunei, Cambodia, China, Chinese Taipei, Hong Kong,  India, Indonesia, Iran, Iraq, Japan, Jordan, Kazakhstan, Kuwait, Kyrgyzstan, Laos, Lebanon, Macau, Malaysia, Maladewa, Mongolia, Myanmar, Nepal, Korea Utara, Oman, Pakistan, Palestina, Filipina, Qatar, Arab Saudi, Singapura, Korea Selatan, Sri Lanka, Syria, Tajikistan, Thailand, Timor Leste, Turkmenistan, Uni Emirat Arab, Uzbekistan, Vietnam dan Yemen.

Asian Games 2018 akan mempertandingkan 40 cabang olahraga, 10 diantaranya merupakan cabang olah raga baru.  40 cabang olahraga tersebut yakni : Akuatik, Anggar, Angkat Besi, Atletik, Balap Sepeda, Basket, Berkuda, Berlayar, Bisbol dan Sofbol, Bola Tangan, Bola Voli, Bowling, Bridge, Bulutangkis, Dayung, Golf, Gulat, Hoki, Jet Ski, Judo, Kabaddi,Kano/Kayak, Karate, Martial Arts, Menembak, Modern Pentathlon, Panahan
Panjat Tebing, Paragliding, Roller Sport, Rugby – 7, Senam, Sepak Bola, Sepak Takraw, Squash, Taekwondo, Tenis, Tenis Meja, Tinju dan Triathlon.

Berikut official theme song  Asian Games 2018 yang dibawakan oleh Via Vallen :

Asian Games ke-18 digelar pada 18 Agustus – 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang, serta beberapa tempat sebagai tuan rumah pendukung seperti Lampung, Jawa Barat, dan Banten. Opening ceremony  akan digelar pada 18 Agustus 2018 di  Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Pembukaan Asian Games 2018 akan digelar spektakuler. Hal ini diungkapkan oleh Wishutama, Creative Director Opening & Clossing Asian Games 2018  dalam konferensi pers di kantor INASGOC  Minggu (27/5/2018) sebagaimana dikutip dari Bola.com. Panggung upacara pembukaan Asian Games 2018 akan menjadi yang terbesar di dunia. Jadi, panggung ini menjadi yang sangat besar,”. Wishutama menyatakan timnya sudah melakukan riset ke semua jenis panggung yang pernah dibuat untuk acara Olimpiade dan event olahraga lainnya.

Bagi saya kebanggaan Indonesia sebagai tuan rumah semakin bertambah karena selain Asian Games ada Asian Para Games yang dimana 25% atlit yang bertanding di Asian Para Games mewakili Indonesia berasal dari Jawa Tengah.

Adapun cabang olahraga yang saya nantikan tidak ain dan tidak bukan adalah cabang sepakbola. Olahraga yang paling digemari diseluruh dunia. Tentu tim-tim tangguh akan berupaya keras untuk mendapatkan medali emas di pertandingan kali ini.

Nah, sudah siap menyambut Asian Games 2018?

jangan lupa pantau informasi Asian Games 2018 di https://dukungbersama.id. Kamu juga bisa mengikuti berbagai update info grafis seputar Asian Games di https://indonesiabaik.id/.

Foto : Tempo.com

 

- Advertisement -

  1. Tina Sindi says

    Ga sabar pengen cepet-cepet menyaksikan Asian Games 2018. Apalagi Indonesia yg jadi tuan rumah nya, bangga banget dej

  2. Mildaini says

    lagu via valen ini bikin semangat juga, bajunya merah membara. moga banyak disukai dan bisa bikin atlet semangat dan juara

  3. Suzannita says

    Semoga Indonesia bisa sukses tidak hanya sebagai tuan rumah namun juga prestasinya

  4. nursaidr says

    Sukses untuk atlet2 indonesia. Semoga mendapatkan hasil yg memuaskan. Amin.

  5. ZILQIAH says

    thumbs up untuk pemilihan maskot dan makna2nya
    dan theme official asian games jg asyik banget lagunya
    semoga sukses penyelenggara ya
    dukung bersama sesama anak bangsa

  6. Puspita Yudaningrum says

    Bakalan seru banget nih ya Asian Games. Banyak banget atlet yang bakalan bertanding di sini.

  7. Dedew says

    Ayo kak Dimas, kita nobar biar seru. Tapi kalau cabor pilihan kita berbeda gimana bisa nobar yak hihihi

Leave A Reply

Your email address will not be published.