Karena Berbagi Tak Pernah Rugi

Trevelling Asyik dengan Kereta Api

0 227

- Advertisement -

Naik kereta api … tut … tut … tut
Siapa hendak turut
Ke Bandung … Surabaya
Bolehlah naik dengan percuma
Ayo kawanku lekas naik
Keretaku tak berhenti lama

Lekas kretaku jalan …tut…tut…tut
Banyak penumpang turut
K’retaku sudah penat
Karena beban terlalu berat
Di sinilah ada stasiun
Penumpang semua turun

Naik kereta menjadi salah satu pilihan yang nyaman untuk bepergian.  Saya suka naik kereta karena  selain cepat juga bisa menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan . Jarak tempuh dengan bus bisa dipangkas jika kita naik kereta api.  Apalagi saat ini PT KAI berbenah demi pelayanan kepada konsumen. Pengguna KAI semakin nyaman karena tidak harus berdesak-desakan seperti saat dulu masih belum diterapkan pembatasan penumpang. Saat ini kereta  juga makin bersih dan nyaman.

Dalam sebulan saya biasanya beberapa kali naik kereta baik kereta jarak pendek maupun jarak jauh. Hadirnya berbagai aplikasi/web pemesanan online memudahkan kita untuk membeli tiket kereta api tanpa harus ribet ke stasiun. Semua kini bisa dilakukan dalam satu genggaman.

Traveling dengan kereta api juga menghemat budget. Jika dipersiapkan lebih awal kita bisa mendapat tiket yang terjangkau.  Berbeda jika menggunakan pesawat yang rata-rata tiketnya lebih mahal. Ini tentunya membuat bugget jadi hemat dan bisa digunakan untuk keperluan lain.

Naik kereta api juga lebih fleksibel, jadwal keberangkatan yang lebih banyak sehingga bisa kita sesuaikan dengan waktu yang kita inginkan. Naik kereta juga simple tinggal datang, scan/cetak tiket. Tidak ada pemeriksaan yang sedikit ribet seperti di bandara. Selain itu tidak perlu juga membayar/ mengurus bagasi.

Nah urusan pemesanan tiket serahkan pada Pegi_Pegi.  Cukup buka smartphone, install aplikasi Pegi-Pegi.  Cara pembelian tiketnya mudah pake banget kok :

  • Buka aplikasi Pegi-Pegi

Buka Aplikasi, pilih kereta api. Isi asal stasiun dan tujuan, tentukan tanggal berangkat dan jumlah penumpang, kemudian klik cari tiket.

  • Pilih Kereta

Pilih kereta yang diinginkan. Kemudian lengkapi data diri, klik lanjut.

  • Konfirmasi & Bayar

Setelah diisi lengkap, silahkan cek kembali, jika sudah yakin klik konfirmasi pembayaran.  Bayar pemesanan bisa melalui banyak cara : transfer bank, transfer via ATM, via virtual akun, kartu kredit, internet banking, bayar di indomaret/alfamart atau bisa juga dicicil pakai Kredivo. Komplit kan pilihan pembayarannya.

Bagiku dengan naik kereta juga bikin traveling lebih santai. Kita bisa mengatur kapan berangkat dan kapan balik. Dan yang paling menyenangkan adalah pemandangan diperjalanan. Dari Solo misalnya, kita bisa memilih akan lewat jalur utara atau selatan. Pemandangan arah Jakarta atau Bandung sangat menawan. Makanya jika tidak tergesa biasanya saya memilih berangkat di pagi/siang hari.

 

Berikut beberapa tips Travelling naik kereta api :

  • Pesan tiket jauh hari sebelum berangkat

Memesan tiket kereta api jauh hari sebelum berangkat memiliki banyak keuntungan. Salah satunya terkait harga.  Jika kita pesan jauh hari tentunya akan mendapat harga yang lebih murah. Semakin mendekati hari keberangkatan, maka kita tinggal mendapatkan harga yang lebih mahal. Pernah saya memesan cuma selisih beberapa menit, harga sudah berbeda padahal di kelas dan kereta yang sama.

  • Bawalah barang yang diperlukan saja, packing dengan rapi

Saat traveling tentunya kita pingin nyaman, maka bawalah barang secukupnya saja. Jangan sampai barang bawaan kita berlebihan. Apalagi nanti pas pulang traveling pasti barang bawaan akan bertambah karena membeli oleh-oleh misalnya. Barang-barang yang kita bawa ditata dengan rapi agar ringkas dan mudah saat dicari.

  •  Siapkan uang Secukupnya

Tidak semua tempat wisata memiliki fasilitas yang sekomplit saat dikota, termasuk ATM. Begitu juga di dalam kereta. Maka bawalah uang secukupnya sehingga saat tidak menemukan ATM kita masih memiliki uang disaku.

  • Bawalah kartu indentitas

Kartu identitas diperlukan mulai dari naik kereta hingga kebutuhan saat ditempat wisata misalnya pemesanan hotel, sewa motor/mobil dan lain-lain. Identitas juga sangat diperlukan dalam keadaan darurat.

  • Siapkan makanan/cemilan untuk menemani perjalanan

Agar tidak membosankan, siapkan cemilan untuk menemani perjalanan kamu. Bawalah bekal secukupnya untuk dinikmati saat perjalanan. Kamu juga bisa membawa perlengkapan hiburan ringan seperti headset. Jangan lupakan juga bawa charge dan powerbank untuk berjaga-jaga jika ditempat wisata tidak menemukan colokan.

Demikian beberapa tips singkat treveling asyik dengan kereta api. Selamat jalan-jalan!

- Advertisement -

Leave A Reply

Your email address will not be published.