Karena Berbagi Tak Pernah Rugi

Awas! Masalah Berikut Ini Sering Terjadi di CPU Komputer

4 451

- Advertisement -

Central processing unit atau yang lebih dikenal sebagai CPU merupakan hardware atau perangkat keras pada komputer yang fungsinya untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari software. CPU komputer adalah bagian utama dari komputer karena mengatur seluruh aktivitas komputer, dan jika terjadi masalah akan mempengaruhi kinerja dari komputer tersebut. Terdapat beberapa masalah yang berkaitan dengan CPU yang seringkali membuat user jengkel dan memasukkan komputer ke ‘bengkel’.

Pertama adalah berkaitan dengan power supply. Ketika PC Anda dihidupkan, namun tidak ada tampilan atau reaksi apapun seperti tidak ada lampu indikator yang menyala. Solusinya, Anda harus memeriksa kabel yang terhubung dengan power supply yang berkaitan untuk menstabilkan aliran listrik yang masuk ke PC. Periksa apakah tombol di belakang power supply sudah ada di dalam posisi on dan jika tetap tidak memberikan respons, ganti kabel yang menghubungkan power supply dengan PC.

Kedua adalah masalah di mobo atau motherboard misalnya tidak ada tampilan di monitor, lampu indikator yang berkedip atau panel depan yang menyala, kipas power supply dan processor berputar namun tidak ada suara beep. Untuk mengatasi masalah tersebut, terdapat cara yang dapat Anda lakukan yaitu:

  • Lepas semua kabel power yang terhubung dengan listrik dan CPU.
  • Lepaskan sekrup yang menutup cashing dan buka kemudian lepaskan komponen lainnya seperti kabel tegangan power supply ke mobi, floppy, HDD, cards seperti VGA.
  • Periksa mobo, apakah ada yang terbakar atau tidak.
  • Jika tidak, kemungkinannya kerusakan ada di BIOS.

Masalah ketiga pada CPU computer bekas yang sering dialami adalah HDD yang tidak terbaca. Harddisk yang error ketika CPU dinyalakan dan proses tidak berlanjut dan tidak langsung masuk ke OS dapat diatasi dengan cara memeriksa kabel tegangan serta kabel data yang masuk ke HDD. Periksa apakah kabel tersebut longgar atau tidak. Jika iya, maka kencangkan dan kemudian nyalakan. Dengarkan dengan teliti, apakah terdapat suara yang keluar atau tidak. Jika suara tidak normal, berarti HDD Anda yang harus diganti.

Keempat adalah CPU yang mengeluarkan bunyi beep yang panjang atau beberapa kali. Ketika dinyalakan, CPU akan mengeluarkan suara beep beberapa kali dan tidak terdapat tampilan di monitor padahal monitor dalam keadaan yang normal. Hal tersebut dikarenakan terdapat kesalahan di BIOS dan biasanya terdapat kesalahan pada memory card yang tidak terdeteksi atau pada VGA card yang tidak terpasang dengan baik. Penyebab lainnya juga dapat ditimbulkan karena kabel data monitor.

Kelima adalah CPU yang sering hang atau not responding. Terdapat beberapa penyebab yang mengakibatkan CPU hang dan penggunaan komputer jangan dipaksakan karena dapat berakibat fatal. Penyebab tersebut diantaranya yaitu:

  • Bad sector di HDD
  • Terdapat virus
  • Masalah di hardware misalnya memori yang kotor atau rusak, mobo yang rusak ataupun kotor, cooling fan yang tidak berputar dengan semestinya atau lemah dan power supply yang tidak stabil.

Keenam adalah bluescreen. Masalah komputer ini sering dialami dan cukup membuat repot. Solusinya, Anda harus mengecek apakah system windows sedang rusak atau tidak. pada CPU komputer, Anda harus memeriksa bagian memori ataupun di HDD atau dari komponen di CPU yang lainnya. Ketujuh adalah slow respons. Masalah komputer ini biasanya terjadi karena memori yang penuh atau aplikasi yang berat yang terinstal, virus ataupun badsector di HDD.

 

- Advertisement -

  1. Yoga Purnama Putra Perdana says

    Sejauh ini masih belum menemui kendala di CPU,
    paling berat yang saya alami kena virus ground.. virus ini mengharuskan install ulang dan parahnya semua hardisk harus di format.. kalau enggak habis intall ulang virus groundnya nyerang lagi … 😀

    btw. thanks mas udah berbagi info hihii

  2. Anang Bastomi says

    Good info mas bro… Joss

    1. Dimas Suyatno says

      siap mas Anang. Sama-sama … semoga bermanfaat

  3. thanks infonya thor,

Leave A Reply

Your email address will not be published.