Karena Berbagi Tak Pernah Rugi

Yuk Berkunjung ke Museum Gunung Api Merapi di Jogja

6 271

- Advertisement -

Yogyakarta selalu membuat orang yang kesana betah dan ingin kembali berkunjung. Yogyakarta merupakan salah satu kota utama tujuan wisata, Yogyakarta menawarkan objek wisata yang cukup lengkap, mulai dari wisata sejarah, wisata edukasi, wisata religi, wisata alam, wisata belanja dan yang lainnya.

Disini anda bisa menyaksikan simulai saat gunung api meletus
Disini anda bisa menyaksikan simulai saat gunung api meletus

Liburan ke Yogyakarta rasanya tidak cukup satu hari untuk menjelajah kota Yogyakarta. Kita bisa memilih obyek wisata mana yang akan kita kunjungi. Buatlah daftar tempat-tempat wisata yang akan kita datangi, proyeksikan waktu yang dibutuhkan untuk mengunjungi objek wisata tersebut. Lalu buatlah juga rencana ke lokasi mana dulu kita mulai berlibur sesuaikan dengan peta wisata maksudnya kita bisa mulai dari utara kemudian bergeser ke selatan atau sebaliknya, biar perjalan liburan anda efisien dan tidak banyak waktu yang terbuang percuma.

Berpose di diorama yang menyajikan berbagai foto dan benda dari berbagai Gunung Api di Indonesia
Berpose di diorama yang menyajikan berbagai foto dan benda dari berbagai Gunung Api di Indonesia

Jika anda menyukai wisata alam dan pegunungan, tidak ada salahnya kalau anda menetapkan tujuan wisata ke Yogyakarta bagian utara yakni ke Kaliurang. Siapa sih yang tidak tahu komplek wisata yang berada di kaki gunung paling aktif saat ini yaitu gunung merapi. Belum lengkap rasanya jika mengunjungi Yogyakarta melewatkan lokasi wisata ini. Di Kaliurang kita bisa mengunjungi beberapa kompleks destinasi wisata. Misalnya kita bisa mengunjungi museum gunung merapi, wisata tlaga putri, menikmati offroad di kali kuning, mengunjungi lokasi rumah mbah Maridjan.

Kerangka sepeda motor yang menjadi saksi letusan gunung merapi
Kerangka sepeda motor yang menjadi saksi letusan gunung merapi
Museum Gunung Api Merapi menawarkan pengetahuan kepada kita bagaimana letusan gunung merapi pada waktu yang lalu, kenangan letusan gunung merapi tersimpan rapi di museum ini. Museum yang diresmikan tahun 2010 silam menawarkan pengetahuan dan bukti kedasyatan letusan gunung merapi.

Bangunan museum berbentuk unik yakni berbentuk trapesium, puncaknya mengerucut segitiga dengan latar belakang gunung merapi dibelakangnya. Jika cuaca cerah dan tidak berkabut kita bisa melihat museum berdiri gagah dengan latar belakang gunung merapi. Didalam museum kita akan menemukan display tipe letusan gunung api, batuan yang menyusun gunung merapi sejak tahun 1930, koleksi benda-benda sisa letusan gunung merapi hingga koleksi foto-foto gunung merapi dari zaman ke zaman yang dipajang sedemikian rupa sehingga mumudahkan kita untuk mengamatinya. Di museum ini kita juga bisa menyaksikan video tentang letusan gunung merapi.

Tempat favorit untuk berfoto di komplek museum gununng api
Tempat favorit untuk berfoto di kompleks Museum Gunung Api Merapi

Tidak jauh dari museum merapi kita bisa menuju ke objek wisata selanjutnya yakni Merapi Lava Tour. Di lokasi ini kita bisa menyusuri lereng merapi dengan menggunakan jeep untuk offroad. Kita akan diajak menyusuri lereng merapi mulai dari Kaliurang, Kinahrejo, Kalikuning hingga bunker Kaliadem. Perjalanan menggunakan jeep atau kendaraan adventur lainya akan menjadi perjalanan yang mengasyikkan dan sekaligus menantang. Disepanjang jalan kita akan disuguhi pemandangan sisa-sisa keganasan erupsi Merapi yang meluluhlantakan daerah sekitarnya, bekas hunian, timbunan material vulkanik seperti pasir dan batu-batu yang berukuran besar yang dimuntahkan gunung Merapi.

Salah satu bunker di kawasan Kaliurang
Salah satu bunker di kawasan Kaliurang

O ya, soal penginapan, anda tak perlu khawatir. Anda bisa memilih hotel sesuaikan dengan budget yang ada dan pilihan liburanmu di Traveloka. Banyak pilihan hotel dengan harga yang bisa disesuaikan dengan budget anda

Mencari hotel di Traveloka
Mencari hotel di Traveloka

Saya sendiri memilih Atrium Premier Hotel yang letaknya di pusat kota. Hasil yang ditampilkan di Traveloka memang tidak mengecewakan, sesuai dengan ekspektasi saya. Selamat berlibur !

Menginap di Atrium Premier
Menginap di Atrium Premier Jogja

- Advertisement -

  1. Moiismiy says

    Wow menarik. Kalau ke Jogja harus dijadwalkan kesini 🙂

    1. Dimas Suyatno says

      hayuk. Mari wisata edukasi

  2. RobbyBie.com says

    kalau boleh tau bunker itu apa ya mas?

    1. Dimas Suyatno says

      bunker itu semacam tempat darurat untuk berlindung dari wedus gembel/lahar gunung api.

  3. D Sukmana Adi says

    aku malah durung tau mrene, jane yo cedak mung solo-jogja

    1. Dimas Suyatno says

      hmm

Leave A Reply

Your email address will not be published.