Karena Berbagi Tak Pernah Rugi

Mengunjungi Rumah Hobbit di Lembah Sumilir

6 880

Kreatifitas bisa merubah segalanya; dan begitulah yang terjadi dengan lembah Sumilir di Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar. Meski lokasinya berada di perkebunan teh yang sejuk namun tidak banyak yang melirik lokasi ini sampai warga desa Sumilir membangun aneka kreatifitas di lembah ini.

Lembah Sumilir secara adminstratif berada di Desa Milir RT 01 / RW14, Kemuning, Ngargoyoso, Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Jalan menuju tempat ini sudah relatif baik. Bisa dilalui kendaraan bermotor maupun mobil. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pasar Kemuning. Kalau dari Solo/Karanganyar arahkan kendaraan ke arah kebun Teh Kemuning. Nah nanti jika sampai di Omah Kodok Resto ambil kiri naik tanjakan. Beberapa puluh meter sampailah kita di Lembah Sumilir.

Seperti namanya “sumilir” … udaranya semilir sejuk. Tempat ini cocok untuk kamu yang ingin menghilangkan penat atau berakhir pekan. Ada berbagai wahana yang diciptakan oleh pengelola diantaranya rumah Hobbit seperti dalam film The Lord of The Rings. Ada juga menara pandang, rumah-rumahan seperti di Pinus Pengger Jogja dan tiruan kincir angin seperti di Belanda.

Menurut informasi, di kawasan ini nantinya akan dibangun jembatan kaca yang menghubungkan kawasan perkebunan teh sebagai salah satu upaya Pemkab Karanganyar untuk meningkatkan daya tarik wisata di Kemuning.

Untuk HTM termasuk sangat murah, hanya Rp. 5.000,- sudah termasuk parkir. Pengelola juga sudah menyediakan toilet dan mushola.

Berikut foto-foto suasana lembah Sumilir :

Kincir angin dan menara pandang lembah Sumilir

 

Rumah-rumahan seperti di Pinus Pengger Jogja

 

Saat bulan Agustus kemarin dibentangkan bendera raksasa di lokasi ini

 

Menara pandang

LEMBAH SUMILIR

Desa Milir RT 01 / RW 14, Kemuning, Ngargoyoso, Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

  1. Ria Rochma says

    Pengen tahu bentuk utuhnya rumah hobbit ini gimana. Itu fotony cuma sebagian aja. Tapi, pemandangan hijau begitu, segar juga ya kalau ingin hilangkan stres

    1. Dimas Suyatno says

      memang cuma segitu kok kak. Dalemnya nggak ada.

  2. Yanto says

    Pengen kesna

    1. Dimas Suyatno says

      hayuk mas …

  3. Ransel Peri says

    Murah ya tiket masuk dan parkirnya cuma 5 ribu. Biasanya tiket masuk sendiri bayar parkir sendiri 😀

    1. Dimas Suyatno says

      Iya. Biar enak bagi pengunjung dan tentunya balik lagi di kesempatan lain.

Leave A Reply

Your email address will not be published.