Karena Berbagi Tak Pernah Rugi

8 Tempat Wisata ini Bikin Kamu Makin Cinta Jawa Tengah

2 389

- Advertisement -

Sudah menjadi kebiasaan tiap akhir pekan aku habiskan untuk wisata entah sekedar wisata kuliner atau ketempat wisata beneran. Dan bagiku wisata itu nggak harus jauh, yang deket-deket juga bisa…yang penting bisa membawa pikiran kita fresh dan enjoy. Nah, tau nggak di sekitar kita ada ternyata ada banyak tempat wisata keren nan asyik. Ada banyak tempat wisata Jawa Tengah yang wajib anda kunjungi.

Saya sendiri bukan tipikal traveller yang pingin perfect. Lebih sering jalan-jalan dengan kendaraan sendiri entah dengan teman atau keluarga. Karena dengan cara ini saya merasakan lebih enjoy … bisa mampir kemanapun, menentukan mau menginap atau ndak dan tentunya bisa bebas merencanakan mau berapa hari.

Tau nggak disekitar kita (Jawa Tengah) ada puluhan tempat wisata yang indah nan asyik untuk dikunjungi. Apa saja itu nah, ini dia 10 tempat wisata yang wajib kamu kunjungi di Jawa Tengah.

1. Candi Prambanan, Candi Hindu Tercantik di Dunia

Siapa sih yang belum pernah denger mahakarya abad ke-10 ini? Sudah berkali-kali saya mengunjungi tempat ini. Letaknya ndak jauh dari jalan raya Solo-Jogja. Candi Prambanan dibangun pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dan masa Rakai Belitung. Menurut cerita, candi ini adalalah perwujudan dari legenda Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Ceritanya Bandung Bondowoso mencintai Roro Jonggrang. Namun rupanya cinta bertepuk sebelah tangan. Nah Roro Jonggrang membikin permintaan yang berat dan mustahil dijalankan (ceritanya di PHP nih Bandung Bondowoso) yakni meminta Bandung Bondowoso untuk membuatkan 1000 arca dalam semalam. Permintaan itu disanggupi Bandung Bondowoso. Mulailah ia membangun arca hingga hampir terselesaikan. Roro Jonggrang sangat khawatir hingga akhirnya ia meminta penduduk desa membuat api dan menumpuk padi agar suasana seperti pagi hari. Bandung Bondowoso yang baru berhasil membuat 999 arca marah dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca yang ke 1000.

2. Candi Borobudur, Candi Buddha Terbesar di Dunia

Sunrise di Candi Borobuder, Magelang
Sunrise di Candi Borobuder, Magelang

Borobudur, inilah candi Buddha terbesar di dunia. Candi ini dibangun pada masa Samaratungga dari Wangsa Syailendra pada tahun 824 Masehi. Candi Borobudur di bangun mengunakan batu Adhesit sebanyak 55.000 M2, bangunan Candi Borobudur berbentuk limas yang berundak – undak dengan tangga naik pada ke – 4 sisinya (Utara, selatan, Timur Dan Barat). Di keempat sisi candi terdapat pintu gerbang dan tangga ke tingkat di atasnya seperti sebuah piramida. Hal ini menggambarkan filosofi Buddha yaitu semua kehidupan berasal dari bebatuan. Batu kemudian menjadi pasir, lalu menjadi tumbuhan, lalu menjadi serangga, kemudian menjadi binatang liar, lalu binatang peliharaan, dan terakhir menjadi manusia. Proses ini disebut sebagai reinkarnasi. Proses terakhir adalah menjadi jiwa dan akhirnya masuk ke nirwana. Setiap tahapan pencerahan pada proses kehidupan ini berdasarkan filosofi Buddha digambarkan pada relief dan patung pada seluruh Candi Borobudur.

3. Keraton Surakarta 

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat
Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta Hadiningrat, dibangun pada tahun 1745 oleh Raja Paku Buwono ke II. Bangunan nan menawan keraton Surakarta merupakan kombinasi artistik Eropa dan Jawa. Pengunjung yang datang kesini akan disuguhi berbagai peninggalan keraton pada jaman dulu kala yang tertata rapi di museum keraton mulai dari senjata, kereta kencana, mobil kuno, berbagai peralatan tradisional. Dari keraton ini anda juga dapat mampir ke pasar Klewer, pasar batik terbesar di Asia (saat ini pasar masih dalam tahab renovasi setelah kebakaran hebat beberapa waktu lalu). Jangan lupa mampir juga ke Masjid Agung  Surakarta, masjid yang dibangun pada masa Walisongo.

4. Dieng, Kawasan pegunungan tertinggi yang masih dihuni penduduk.

dieng-plateau

Dieng merupakan surga wisata alam di Jawa Tengah. Dieng yang merupakan kawasan dataran tinggi ini terletak di sebelah barat gunung Sindoro & gunung Sumbing, masuk wilayah kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo. Berbagai objek wisata di Dieng akan memanjakan anda mulai dari Candi di Dataran Tinggi Dieng (candi Bima, Arjuna, Gatot Kaca, Srikandi, dll), Bukit Sikunir yang merupakan tempat terindah untuk menikmati sunrise. Bukit Sikunir berada pada ketinggian sekitar 2.200 m dpl; Telaga Warna Dieng,  Telaga Cebong Dieng, sebuah lankmark yang menyajikan keindahan memukau dengan ciri khas pergantian warna air di telaga ini.

5. Karimun Jaw, Surga Bawah Laut Indonesia

Penangkaran Hui di Karimun Jawa (www-istanakarimunjawa.wordpress.com)
Penangkaran Hui di Karimun Jawa (www-istanakarimunjawa.wordpress.com)

Karimunjawa merupakan surga bagi anda yang menyukai snorkeling. Di Kariwunjawa anda bisa menikmati keindahan terumbu karang dan indahnya ikan ikan yang ada di bawah laut. Dengan luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare, Karimunjawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang mulai  digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.

 

6. Candi Gedong Songo, Gunung Tempat Tinggal para Dewa

Candi Gedongsongo ..udara sejuk dengan pemandangan yang indah serta sarat dengan sejarah
Candi Gedongsongo ..udara sejuk dengan pemandangan yang indah serta sarat dengan sejarah

Candi Gedong Songo terletak di lereng gunung Ungaran. Masyarakat percaya bahwa gunung adalah tempat tinggalnya para dewa dan diyakini sebagai tempat persembahan kepada roh nenek moyang pada jaman dahulu kala. Gedong Songo berasal dari bahasa Jawa, “Gedong” berarti rumah atau bangunan, “Songo” berarti sembilan. Jadi Arti kata Gedongsongo adalah sembilan (kelompok) bangunan. Candi Gedong Songo menyimpan kekhasan tersendiri yang menunjukkan adanya akulturasi budaya. Hal tersebut tergambar dengan adanya kepercayaan kepada Parswadewata, yaitu persembahan kepada ruh nenek moyang yang bersatu dengan Siwa yang pada candi disimbolkan dengan Lingga-Yoni yang dikawal oleh tiga dewa (Durga, Ganesha, dan Agastya).

7. Umbul Sidomukti, Tempat Terang Tertinggi di Pegunungan.

pemandangan disepanjang jalan menuju umbul Sidomukti ..kereen!
pemandangan disepanjang jalan menuju umbul Sidomukti ..kereen!

Umbul sidomukti merupakan taman air yang berada di bukit Ungaran, tidak terlalu jauh letaknya dari candi Gedongsongo. Berada diketinggian 1200 dpl, diapit jurang dikedua sisinya. Sengaja dipilih karena keindahan panoramanya, kesegaran udaranya serta beningnya air. Umbul sidomukti tampak dramatis, seolah telah lama hadir di situ. Lereng gunung ungaran kaya akan mata air pegunungan yang mengalir sepanjang tahun, diantaranya Tuk ngetihan yang airnya menyegarkan jiwa dan raga hingga dipercaya dapat membuat awet muda.

Umbul Sidomukti
Umbul Sidomukti

8. Menikmati Waduk Gajah Mungkur dari Bukit FIlter

Pemandangan dari atas bukit Filter
Pemandangan dari atas bukit Filter

Pemandangan Waduk Gajah Mungkur dinikmati dari bawah sudah biasa ya. Bagaimana kalau kita menikmati view waduk Gajah Mungkur dari atas. Heem..pasti seru deh. Coba saja naik ke Menara Filter, lokasinya tidak jauh dari taman wisata Waduk Gajah Mungkur.  Kalau dari Solo/Kota Wonogiri lokasinya sebelum taman wisata Waduk. di barat jalan utama kita akan menemui gapura bertulis Menara Filter, nah masuk aja. Hati-hati ya jalannya menanjak dan berkelok-kelok. Jaraknya mungkin sekitar 3 km dari gapura tadi. Diatas kita akan menemui lokasi Paralayang dan kuburan kuno. Wah asyik deh pemandangannya !

Nah itu tadi 8 tempat wisata keren di Jawa Tengah yang wajib kamu kunjungi (versiku tentunya ya 😉 ).  Masih banyak destinasi wisata keren lainnya di Jawa Tengah.

keren kan? Hayo mana aja yang belum kamu kunjungi? Yang belum pas dong untuk destinasi wisata saat libur lebaran nanti ..he..he..

Cintai Jawa Tengah … Cintai Indonesia!

Happy Travelling!

 

- Advertisement -

  1. mawi wijna says

    vote wisata di jalur pantura! XD

    1. Dimas Suyatno says

      Kalau judulnya 20 tempat wisata … ada pemandian air panas Gucci mas di Tegal. Atau mampir ke Semarang ada Sam Po Kong, Masjid Agung Jawa Tengah, Lawang Sewu dll

Leave A Reply

Your email address will not be published.