Karena Berbagi Tak Pernah Rugi

60 Tempat Wisata Soloraya yang wajib dikunjungi

0 8,740

- Advertisement -

KOTA SOLO/SURAKARTA

KERATON SURAKARTA HADININGRAT
Keraton ini didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744 sebagai pengganti Istana/Keraton Kartasura yang porak-poranda akibat Geger Pecinan 1743. Museumnya menyimpan berbagai koleksi milik kasunanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan.

PURA MANGKUNEGARAN
Istana Mangkunegaran adalah istana resmi Kadipaten Praja Mangkunegaran. Istana ini mulai dibangun pada tahun 1757 oleh Mangkunegara I dengan mengikuti model keraton.

PASAR ANTIK TRIWINDU
Mau wisata yang berbeda? Datang aja ke Pasar antik Triwindu. Kamu bisa berburu barang-barang antik yang memiliki nilai tinggi mulai dari keris, alat-alat rumah tangga hingga patung.

TAMAN BALEKAMBANG
Taman balaikambang awalnya merupakan taman yang dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII untuk kedua putrinya, yaitu GRAy Partini dan GRAy Partinah. Namun kini tempat ini bisa dikunjungi masyarakat umum.

MUSEUM KERIS
Destinasi baru nih, museum yang mengoleksi ratusan senjata tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Beberapa koleksi keris di museum tersebut merupakan karya masterpiece yang diperkirakan berusia ratusan tahun.

Taman Satya Jurug
Kereta uang Jaladara, kereta wisata yang bisa anda carter melintas di objek menarik di Solo

SOLO ZOO/JURUG & TAMAN PELANGI
Taman Satwa Taru Jurug kini mulai berbenah, tempat ini sedikit demi sedikit di benahi. Selain ditambahkan satwa baru, sekarang saat malam hari ada taman pelangi dan air mancur menari.

KAMPUNG BATIK LAWEYAN & KAUMAN
Berbelanja batik? Selain di pasar Klewer, PGS atau Beteng kamu juga bisa berbenja batik langsung di lokasi pembuatannya yakni kampong batik Laweyan dan Kauman.

MUSEUM RADYAPUSTAKA
Museum ini mengoleksi berbagai macam arca, pusaka adat, wayang kulit dan buku-buku kuno. Koleksi buku kuna yang banyak dicari itu di antaranya mengenai Wulang Rehkarangan Pakubuwono IV yang isinya antara lain mengenai petunjuk pemerintahan dan Serat Rama karangan Yasadipura I.

WISATA LAINNYA : Museum Batik Danarhadi, Ngarsopuro Night Market, Galabo, Benteng Vastenburg, Pasar Klewer, Bus Tingkat Werkudara, Kereta Uap Jaladara dan lain-lain.

Keraton Surakarta Hadiningrat
Taman Pelangi Jurug

KARANGANYAR

GROJOGAN SEWU
Grojogan sewu merupakan wisata utama di Karanganyar. Berlokasi di lereng gunung Lawu yang sejuk, Ketinggian air terjunnya mencapai 81 meter. Lokasi : Tawangmangu

CANDI CETO
Candi Ceto merupakan candi bercorak agama Hindu yang diduga kuat dibangun pada masa-masa akhir era Majapahit. Disini anda akan disuguhi pemandangan luar biasa : perkebunan teh, gunung merapi merbabu dan pemandangan Solo, Karanganyar dari ketinggian. Lokasi : Gumeng, Jenawi.

CANDI SUKUH
Lokasinya berdekatan dengan Tenggir Park/Tahura dan Jumog. Candi Sukuh adalah sebuah kompleks candi agama Hindu. Lokasi : Desa Berjo, Ngargoyoso.

KEBUN TEH KEMUNING
Hamparan kebun teh hijau bak karpet dapat anda nikmati sembari menikmati aneka jajanan disini.
Lokasi : Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar

GROJOGAN JUMOG
Dijuluki the lost paradise, karena keberadaannya baru di ekspose tahun 2014. Lokasi ini kini dikembangkan, dilengkapi dengan kolam renang dan parkir yang luas.
Lokasi : Berjo, Ngargoyoso.

GROJOGAN PARANG IJO
Pesonanya tak kalah dengan Jomog dan Grojogan Sewu. Lokasinya juga deket dengan Jumog, kebun teh.

BUKIT SEKIPAN
Merupakan wisata modern yang menyuguhkan berbagai miniatur icon dunia, selain itu pengunjung disugihi beragam spot selfiable dan beragam aneka permainan.

Bukit Sekipan Tawangmangu

SEKIPAN CAMP
Mau menikmati dinginnya Tawangmangu? Ngecamp aja yuk disini. Kamu bisa bawa tenda sendiri atau sewa rumah etnik kapasitas 1-3 orang. Tidak menginap? Tak masalah, kamu bisa menikmati beragam spot selfiable disini.

NEW BALEKAMBANG, TAWANGMANGU
Hampir sama dengan bukit sekipan, menawarkan aneka permainan dan miniature icon dunia.

TENGGIR PARK & TAHURA
Tenggir Park merupakan wisata yang relatif baru. Menyuguhkan taman bunga, sepeda melayang, air terjun dan spot kekinian. Berada di timur Sukuh.

WISATA LAINNYA :
Sapta Tirta Pablengan, De Tjolomadoe, Telaga Madirda, Sondokoro, Agrowisata Amanah, Paralayang Segoro Gunung, Tubing Goasari, Museum Purbakala Dayu, Lembah Sumilir, Kampung Karet, Tugulasi Jatiyoso, bukit gamping.

Kebun Teh Kemuning, Ngargoyoso, Karangayar
Lembah Sumilir, Karanganyar
De Tjolomadoe, eks PG Colomadu yang disulap menjadi tempat wisata dan convention hall
Candi Sukuh Karanganyar

BOYOLALI

NEW SELO
Selo merupakan kawasan dataran tinggi yang memiliki udara yang sejuk karena berada di lereng Merapi Merbabu. Gardu Pandang New Selo menawarkan pemandangan cantik gunung Merbabu dari lereng Merapi.

GANCIK HILL TOP
Jika New Selo dan Omah Bamboo berada di lereng Merapi, Gancik berada di lereng Merbabu. Menawarkan pemandangan indah dengan latar belakang gunung Merapi.

Gancik Hill Top, berada di lereng Merbabu. Menawarkan pemandangan cantik gunung Merapi

OEMAH BAMBOO
Berada satu kawasan dengan New Selo. Seperti namanya gardu pandang yang ini keseluruhan menggunakan bahan dari bambu.

UMBUL TIRTOMULYO
Tidak kalah dengan Klaten, di Boyolali juga terdapat beberapa umbul salah satunya umbul Tirtomulyo di kemasan, Sawit ini.

UMBUL PENGGING
Umbul pengging merupakan kompleks pemandian peninggalan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang terletak di Dukuh, Banyudono.

TLATAR
Kawasan tlatar terkenal dengan umbul dan kolam renang serta rumah makan dengan nuansa santai dengan ditemani ribuan ikan. Terletak di Kebunbimo, Boyolali.

TRETES TAMAN TANI
Lokasi baru yang baru saja dikembangkan. Memiliki spot cantik serta taman bunga yang menawan. Terletak di Samiran, Selo.

LEMBAH GUNUNG MADU
Lembah Gunung Madu bisa menjadi alternative wisata anda. Terletak di Kedunglengkong, Simo. Sejatinya tempat ini adalah café yang disulat menjadi cantik dengan berbagai spot kekinian.

ALAM SUTRA
Pingin berfoto ke menara Eiffel? Datang saja ke Alam Sutra di Samiran, Selo. Miniatur Eiffel dari bambo ada disini dengan spot menarik pegunungan tentunya.

KEBUN RAYA INDROKILO
Kebun ini belum sepenuhnya jadi nantinya tempat ini dilengkapi dengan berbagai tanaman dan hewan serta berbagai spot menarik seperti taman labirin.

WISATA LAINNYA
Tikungan Cinta, Candi Sari, Jembatan Gantung Selo, Bukit Batur, Air terjun Kedung Kayang, Candi Lawang, Merbabu, Kedung Ombo, Waduk Cengklik, Waduk Bade, Air Terjun Semuncar, Umbul Leses, Kedung Goro, Suroteleng dll.

Omah Bamboo, Selo, Boyolali
Omah Bamboo, Selo, Boyolali

KLATEN

CANDI PRAMBANAN
Merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Berada diperbatasan Klaten dan Sleman.

CANDI PLAOSAN
Lokasinya masih berada di Prambanan tepatnya di dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan. Dikenal dengan nama candi kembar karena ada 2 Kompleks : candi Plaosan Lor dan candi Plaosan Kidul.

CANDI SEWU
Lokasinya masih satu kawasan dengan candi Prambanan, hanya berjarak 800 meter sebelah utara dari Prambanan. candi ini merupakan candi Buddha yang dibangun pada abad ke-8 Masehi.

UMBUL PONGGOK
Umbul ini terkenal karena memiliki spot snorkeling air tawar terbaik di Indonesia. Pengunjung bisa menikmati sensasi berenang dengan ribuan ikan. Ada puluhan assesories yang mendukung fotomu jadi kece.

UMBUL MANTEN
Umbul manten memiliki air yang sangat jernih, lokasinya tidak jauh dari umbul Ponggong dan Sigedang/Kapilaler.
.
UMBUL KAPILALER
Mau merasakan berenang di ribuan galon air Aqua? Datang saja ke Umbul Kapilaler. Umbul ini menjadi sumber bahan baku air minum Aqua.

BONO PARK
Taman bunga yang relatif baru dan sedang hits ini terletak di desa Bono,Kecamatan Tulung.

MATA AIR COKRO
Tempat ini menjadi tempat favorit keluarga karena memiliki beberapa kolam renang : kolam renang anak dan dewasa. Berasal dari sumber mata air alami, masih segar.

ROWO JOMBOR
Ingin menikmati berbagai masakan ikan segar yang langsung diambil dari karamba? Ajak keluarga ke Rowo Jombor di desa Krakitan, Bayat.

BUKIT CINTA WATU PRAHU
Nikmati kota Klaten dari bukit Cinta Watu Prahu di Bayat ini. Terdapat beberapa spot untuk menikmati sanset dan sunrise disini.

JAWA UNIK
Agrowisata Jawa Unik merupakan tempat wisata yang menawarkan agrowoisata kebun buah, kolam ikan, floating market, aneka heritage gebyok tua dari seluruh nusantara serta beragam spot selfie kekinian. Jika sedang panen buah, pengunjung bisa menikmati buah segar langsung dari pohon. Saat ini tempat ini masih dikembangkan, dibangun beberapa wahana baru. Jl. Raya Wonosari – Gatak, Klaten (Perbatasan Sukoharjo & Klaten, Gawok ke selatan).

WISATA LAINNYA :
Umbul Jolotundo, Umbul Brondong, Candi Merak, PG Gondang Winangoen, Candi Lumbung, Taman Lampion, Deles Indah, Candi Sojiwan, Hutan kota Gergunung, Taman Lampion dll.

Jawa Unik, berada di perbatasan Sukoharjo – Klaten. Merupakan agrowisata dengan spot kekinian.
Candi Kembar/Plaosan, Prambanan, Klaten

WONOGIRI

WADUK GAJAHMUNGKUR
Waduk ini merupakan salah satu waduk terbesar di Indonesia. Memiliki pemandangan indah serta terdapat beragam warung yang menyediakan aneka masakan ikan di sekitar waduk.

WATU CENIK
Merupakan spot kekinian yang berada di bukit di atas waduk Gajahmungkur. Pengelola dari BUMDes Sendang melengkapi dengan berbagai spot selfie diantaranya balon udara.

PANTAI NAMPU
Pantai Nampu Wonogiri ini memiliki sekitar 3 titik pantai yang dipisahkan oleh sebuah gundukan daratan. Jarak tempuh yang bisa pengunjung tempuh untuk menuju Wisata Pantai Nampu jika dari Kota Wonogiri sekitar kurang lebih 70 km atau sekitar 2 jam perjalanan.

PANTAI SEMBUKAN
Siapa bilang di Soloraya tidak ada pantai? Wonogiri memiliki pantai yang indah menawan, pantai Sembukan salah satunya. Pantai ini terletak di Dusun Sembukan, Kec. Paranggupito

SOKO GUNUNG
Soko Gunung berada di bukit yang sama dengan Watu Cenik namun dengan lokasi yang lebih tinggi. Menawarkan pemandangan kota Wonogiri dan waduk Gajahmungkur.

BUKIT JOGLO
Lokasinya tidak jauh dari Soko Gunung. Merupakan spot landasan gantole, jika anda beruntung anda bisa menyaksikan atlet terbang dari sini.

BUKIT CUMBRI
Bukit ini sedang hits dan dijadikan tujuan untuk menikmati sanrise. Lokasinya berada di perbatasan Jateng dan Jatim tepatnya di Kepyar, Purwantoro.

MUSEUM KARS
Museum Kars dunia ini bisa menjadi wahana edukasi seputar kars/bebatuan dan kehidupan pada masa lampau.

GUNUNG BESEK
Gunung besek menawarkan pemandangan indah dari ketinggian. Gunung bebatuan ini berada di Setren, Bugelan, Kismantoro.

TELAGA CLAKET
Telaga ini berada di Sendangijo, Selogiri. Berfoto disini serasa di ranu kumbolo dengan bukit-bukit di sekitarnya.

WISATA LAINNYA : Museum Wayang Kulit Indonesia, Alas Kethu, Telaga Claket, pantai Banyutowo, Istana Parnaraya, Embung Doho, pantai Pringjono, candi Muncar, pantai Kalimirah, bukit Jonambang, bukit Widodaren, air terjun Banyunibo dll.

Soko Gunung, Wonogiri
Puncak Joglo, Wonogiri

SRAGEN

MUSEUM SANGIRAN
Museum tempat penemuan fosil Meganthropus Palaeojavanicus ini sekarang sudah memiliki banyak koleksi hingga 13.685. Museum Sangiran berada di desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe.

PEMANDIAN AIR PANAS BAYANAN
Pemandian Air Panas Bayanan atau dikenal juga dengan Hyang Tirto Nirmolo ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan, pemandian air panas ini dipercaya oleh masyarakat sekitar dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti gatal-gatal, rematik, menurunkan kolesterol, memulihkan kebugaran tubuh, memelihata kesegaran sendi dan otot, membuat awet muda dan lain-lain. Terletak di Jambean, Sambirejo.

GUNUNG KEMUKUS
Gunung Kemukus merupakan peristirahatan terakhir Pangeran Samudro. Namun, karena pemahaman yang salah, seiring berjalannya waktu, tempat ini justru dikenal dengan lokasi mesum. Pemerintah Sragen berupaya keras mengurangi aktivitas ini dengan razia dan sosialisasi. Saat ini jembatan penghubung ke Kemungkus, Sumberlawang sudah selasai dan bisa dilewati sehingga memangkas jarak tempuh.

NDAYU PARK
Ndayu Park merupakan wisata yang tidak jauh dari pusat kota. Lokasi ini dilengkapi dengan waterboom, Mini Zoo atau kebun binatang kecil dengan koleksi Elang, Burung Merak, Rusa, Ular dan Kangguru. Selain itu dilengkapi dengan taman lalu lintas dan wisata agro.

WADUK KEDUNG OMBO
Kena luasnya waduk ini, sebagian ada yang masuk Boyolali, sebagian di Sragen dan area bendungan ada di Grobogan.
.
MAKAM JOKO TINGKIR
Sultan Hadiwijaya atau yang biasa dikenal dengan Joko Tingkir berkuasa pada masa 1550-1582. Seperti layaknya makam jawa lainnya, Makam Joko Tingkir ini juga sering ramai didatangi oleh peziarah dari berbagai kota.
.
WISATA LAINNYA : Waduk Blimbing, Waduk Gebyar, Waduk Ketro, Kedung Grujug Miri, gunung Tugel Gesi, Maskarebet, sentra batik Kliwonan, air terjun Jengglong Miri, museum Miri dan beberapa klaster museum purbakala.

Museum Manusia Purba Sangiran, Sragen

SUKOHARJO

THE HERITAGE PALACE
Merupakan eks pabrik gula Gembongan, Kartasura yang disulap menjadi museum transportasi, 3D Gallery dan omah kwalik. Lokasi wisata ini baru saja dibuka beberapa hari lalu.

PANDAWA WATER WORLD
Merupakan wahana air dengan beragam fasilitas menarik seperti wave pool, earth shower, black hole, raft slide, body slide, racer slide, water playground, kunti children-teddler pool & swimming pool. Uniknya tempat wisata ini menggukan tokoh pewayangan sebagai ikon seperti Bima, Krisna, Arjuna, Sadewa dan Nakula. Terletak di Jl. Cemara Raya, Gedangan, Grogol, Sukoharjo (bundaran Solobaru ke barat).
.
GUNUNG SEPIKUL
Gunung sepikul bisa disebut sebagai ‘Gunung Api Purba’nya Sukoharjo. Gunung sepikul dulu menjadi lokasi syuting Wiro Sableng . Terletak di Gentan, Kelurahan Tiyaran, Kecamatan Bulu.

BENDUNGAN COLO
Di Kecamatan Nguter Sukoharjo terdapat sebuah bendungan yang gak kalah kece dengan tempat lainnya.

WADUK MULUR
Waduk Mulur di bangun pada masa penjajahan. Waduk yang terletak di Bendosari ini cocok banget buat yang ingin membeli ikan karena terdapat banyak karamba budidaya ikan.
.
GEOPARK BATU SERIBU
Geopark Batu Seribu yang juga dikenal dengan objek wisata Pacinan terletak di Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo atau 20 km sebelah selatan Kota Sukoharjo.

CURUG KRAJAN
Curug ini terletak di Desa Krajan, Watu Kelir, Weru, Sukoharjo. Berada di desa Kabupaten Sukoharjo atau 24 km Barat Daya Kota Sukoharjo dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta.

TEMPAT WISATA LAINNYA :
Royal Water Adventure Telukan, Alaska Waterboom Polokarto, Petilasan Kraton Kartosuro, Petilasan Kraton Pajang, Watu Giring, Industri Pembuatan Gamelan Wirun, Jembatan Gantung Tanjung Nguter, Desa Wisata Rotan, Trangsan, Gatak dll.

The Heritage Palace, Gembongan, Kartasura, Sukoharjo

- Advertisement -

Leave A Reply

Your email address will not be published.