Karena Berbagi Tak Pernah Rugi

Wajah Baru Malioboro

14 13

Malioboro itu jantungnya Jogja.
Kalau belum ke Malioboro berarti belum ke Jogja.

Dua ungkapan itu seolah lekat di hati siapapun yang pernah ke Jogja. Tidak lengkap rasanya ke Jogja kalau tidak singgah ke Malioboro. Pokoknya serasa ada yang kurang kalau jauh-jauh ke Jogja namun belum ke Malioboro.

Semenjak di revitalisasi beberapa waktu yang lalu, kini wajah Malioboro berubah. Tampak lebih luas, lebih lega dan lebih rapi. Sebagai andalan pariwisata di Yogyakarta, sudah selayaknya Malioboro tampil lebih rapi. Meski saya bukan penduduk Jogja, jika sedang ke Jogja biasanya saya sempatkan untuk “menengok” Malioboro. Maklum, saya pernah tinggal di Jogja dan masih sering “wora-wiri” alias mondar-mandir Solo – Jogja.

Sebagaimana rancangan awal, kawasan ini kini menjadi kawasan bebas parkir. Parkir kendaraan kini hanya diperbolehkan di taman parkir Abu Bakar Ali. Tempat parkir portable ini menurut informasi bisa menampung 2.400 kendaraan roda dua yang ditempatkan dilantai 2 dan 3.

Bagaimana sih kondisi Malioboro pasca revitalisasi? berikut foto-foto yang saya ambil pada Rabu, 28 Desember 2016.

Keramaian Malioboro di libur akhir tahun

Garis pemandu untuk tunanetra

Garis pemandu untuk tunanetra

Pelindung untuk calon pohon peneduh
Pelindung untuk calon pohon peneduh
Tempat sampah yang dibuat permanen, bukaln lagi dari bahan besi/plastik yang mudah rusak
Tempat sampah yang dibuat permanen, bukaln lagi dari bahan besi/plastik yang mudah rusak
Kursi-kursi untuk bersantai
Kursi-kursi untuk bersantai
Salah satu ojek online di Jogja selain gojek saat menjemput pelanggan di Malioboro
Salah satu ojek online di Jogja selain Gojek saat menjemput pelanggan di Malioboro
Becah, salah satu penanda kalau kamu di kota Jogja. Becak juga ada di kota lain seperti Solo.
Becah, salah satu penanda kalau kamu di kota Jogja. Becak juga ada di kota lain seperti Solo.
Jalur lambat sisi barat : untuk sepeda, becak dan dokar.
Jalur lambat sisi barat : untuk sepeda, becak dan dokar.
Penjual sate di ujung selatan Malioboro
Penjual sate di ujung selatan Malioboro
Sate yang menggoda selera
Sate yang menggoda selera
Ini juga menggoda selera
Ini juga menggoda selera
Monumen Serangan Umum 1 Maret 19
Monumen Serangan Umum 1 Maret 1949
Nggak penting, tapi perlu di tampilkan :)
Nggak penting, tapi perlu di tampilkan 🙂
  1. Kisah Foto says

    mantappp… Rencana tahun baru mau ke Malioboro ah… 😀 Sayangnya, pedagang lesehan di Malioboro suka gila2an pasang harga, ngepruk om wkwkww 😀

    1. Dimas Suyatno says

      Wah bakal rame banget tuh. Kemarin aja full … kayak lautan manusia, maklum libur tahun baru. Kalau aku biasanya tanya harga dulu sebelum pesan.

  2. arinta adiningtyas says

    Wah, jadi kelihatan bersih yaa.. Sip sip.. Baguuuus..

    1. Dimas Suyatno says

      kalau dijaga akan bersih terus seperti ini

  3. Wian says

    Wow!!! Udah banyak berubah ya malioboro. Udah lamaaaa banget aku gak kesana. Terakhir kesana masih pader banget. Sampe buat jalan aja susah.

    1. Dimas Suyatno says

      kalau ingin menikmati Malioboro secara leluasa disarankan bukan di hari libur. Hari libur mah bakal padet pake banget.

  4. D Sukmana Adi says

    mantap..banyak yang berubah sekarang ya mas bro..jadi pengen kesana 😉

    1. Dimas Suyatno says

      monggo bro…pramek cuma 8rb kok

  5. Afifah Mazaya says

    Kayaknya enak banget buat jalan.
    Malioboro wajah lama aja belum pernah lihat langsung. Tapi, merasakan wajah baru ini juga kayaknya menarik.

    1. Dimas Suyatno says

      yuk mari dicoba. mumpung masih gress

  6. Wawan seger says

    Jalur pejalan kaki gak warna merah lagi ya? Kemarin sempet ke jogja entah bulan apa lagi pada di bongkar di sekitar trotoar malioboro.
    Keren sih hasilnya tapi sayang nggak warna merah lagi

    1. Dimas Suyatno says

      Oiyaya, biasanya merah ya … saya kurang faham kalau soal aturan. Mungkin di undang-undang ada peraturannya.

  7. Ety Abdoel says

    Hari ini aku ada di Malioboro.. Yeaaay.

    1. Dimas Suyatno says

      Yeaay …akhirnya kesampaian. Selamat berlibur bersama keluarga 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.