Menjelajah Surga Kecil Bernama Batoer Hill Resort

Saat saya share beberapa foto yang diambil di tempat baru ini ke sosial media, seorang rekan langsung membanjiri dengan puluhan pertanyaan …

“Ini dimana sih?”  Gunungkidul

“Ha…Gunungkidul?” Ya

“Sebelah Mana” Deket Nglanggeran

“Deket Nglanggeran? Nggak ah, aku nggak nemu yang kayak gini” Ada kok

“Share location dong … pingin kesanaaa” …

Ya rupanya foto itu mampu membuat penasaran beberapa rekan yang melihat fotonya.

Batoer Hill Resort tak ubahnya sebuah surga. Surga bagi masyarakat desa Batur, Puthuk, Gunungkidul. Surga yang disembunyikan tak terexpose hingga datang beberapa pengusuha kelas teri (demikian mereka lebih suka disebut karena mereka bukan investor layaknya sebuah resort mewah dan megah). Mereka memberanikan diri menyampaikan ke warga desa untuk turut bersama-sama mengembangkan ‘surga kecil’ ini.

Perjalanan Klaten – Pathuk melewati gunung api purba Ngglanggeran

Resort ini tidak terlalu jauh dari kawasan gunung api purba Ngglanggeran yang sudah sangat dikenal wisatawan. Perjalan santai dengan kuda besi dari Solo pun melewati gunung purba dengan bebatuan ini. Saya memilih jalur Solo – Klaten – Pathuk karena secara perhitungan jarak lebih dekat. Dari kejauhan sebelum mencapai lokasi ini saya bisa menyaksikan dengan gagah gunung ini. Bahkan pesonanya menggerakkan kaki untuk berhenti sejenak menikmati dan mengabadikannya.

Meski sudah mengandalkan GPS yang terpasang di gawai namun saya tetap bertanya penduduk arah lokasi Batoer Hill Resort sekedar untuk memastikan saya tidak salah jalan. “O Batoer Hill ya mas … bener kok mas. Lurus saja nanti belok kanan” jawab seorang warga desa Batur dengan ramah.

Benar saja setelah belokan dimaksud, saya bisa menyaksikan pemandangan yang asyik dengan latar belakang bukit dan pepohonan hijau. Saat saya datang beberapa pekerja masih sibuk membenahi beberapa area resort.

Batoer Hill Resort sendiri menawarkan 12 unit bungalow dengan pilihan type standard, deluxe, executive dan VIP. Setiap bungalow di design dengan suasana tradisional. Modernitas yang menunjang kenyamanan tamu juga tidak di hilangkan tetapi menyatu dengan alam lingkungan di sekitarnya. Suasana segar dan menyatu dengan alam tentunya akan menjadi pengalaman yang mengesankan. Tamu akan diajak melupakan hiruk pikuk kota dengan segala polusinya.

Kamar-kamarnya cantik dan spotnya menarik …. Bakal jadi tempat hits ini, pikirku dalam hati.

Ada beberapa spot menarik yang bisa kamu explorasi …

  • Swimming Poll

Kolam renang menjadi tempat yang patut kamu coba saat kesini. Letaknya yang berada diperbukitan membuat kita leluasa menikmati pemandangan sekitar. Jika kamu beruntung, saat sore atau pagi hari kita bisa menikmati kabut dibawah bebukitan.

Kolam renang yang selfie-able. Menghadap ke hamparan luas kawasan Gunungkidul

  • Menara Pandang

Pengelola membuat sebuah menara pandang sedemikian rupa, menjorok kedepan sehingga view dari lokasi ini jadi semakin menarik. Dari sini kamu bisa selfie cantik dan langsung mengupload ke sosial media. Tempat ini juga menjadi favorit untuk menikmati sunrise dan sunset. Semburat matahari terlihat indah dari lokasi ini.

  • Pendopo 

Pendopo unik berarsitek jawa membuat betah … apalagi saat itu beberapa seniman sedang memainkan gending jawa. Hidangan khas pedesaan sudah berjajar di meja, menyambut kedatangan kami. Tak mau membuang waktu, kamipun bergegas sapu bersih seluruh hidangan yang

  • Resto 

Yang ditunggupun akhirnya tiba yakni makan malam. Beberapa juru masak tampak sibuk menata hidangan makan malam saat kami tengah menikmati sunset yang sedang cantik-cantiknya. Setelah memastikan mentari benar-benar sudah kembali ke peraduan, kami pun bergegas ke area resto di timur pendapa utama. Hampir saya tergoda untuk lansung menyambar piring, tapi buru-buru saya batalkan. Saya bergegas ke ruangan belakang pendopo untuk mengambil air wudhu dan menjalankan sholat maghrib.

Sekembalinya dari sholat Maghrib langsung menuju ke meja makan. Beberapa rekan tampah riuh berebut mengadabadiakan hidangan spesial kita malam itu dengan gawai masing-masing.

Batoer Hill memang menyediakan restaurant dengan konsep masakan Jawa asli yang lezat dengan bumbu-bumbu asli dari para leluhur. Bersantap di Resto Batoer Hill pengunjung akan disuguhkan pada kelezatan cita rasa dan pemandangan yang indah di dukung suasana yang menyenangkan.

Menikmati kopi dengan suguhan pemandangan alam nan menawan, Jadi lupa hutang #eh 🙂

Makan malam dengan ingkung, aneka lauk dan lalapan.

  • Kamar

Ada beberapa kamar yang saat ini disediakan untuk pengunjung. Kamar-kamar yang dimiliki hampir menyerupai homestay, yakni berupa rumah-rumah. Selaian bad yang nyaman, kamar ini juga dilengkapi dengan televisi, toilet/kamar mandi dengan shower dan pemanas air, AC. Rumah-rumah untuk kamar ini terbuat dari kayu sehingga kita akan merasakan nuansa pedesaan namun dengan kenyamanan dan berbagai fasilitas. Menurut info dari pengelola, kamar ini nantinya akan disewakan Rp. 600.000, hingga Rp. 800.000,-/kamar. Relatif murah jika dilihat dari berbagai fasilitas yang didapatkan.

Kamar-kamar di area persawahan dengan konsep pedesaan. Foto : Ardian Kusuma

Bed nyaman dengan lantai dari kayu. Foto : Ardian Kusuma

Kamar dengan view pemandangan lepas dengan pepohonan hijau. Foto : Ardian Kusuma

 

  • Area Outbound

Rencananya lokasi ini akan dilengkapi juga dengan area outbound dengan berbagai fasilitas diantaranya flying fox, ayunan langit, arena bermain dan lain-lain. Flying fox yang dikerjakan akan menggunakan tali pengaman atas bawah sehingga  keamanannya tidak diragukan lagi. Oya, bagi yang suka fotografi jangan lupakan tripod, bawa untuk mendapatkan foto milky way cantik.

Menyalakan lampion atau memandang bintang dan rembulan menjadi dua aktifitas paling asyik kala malam hari

  • Galery

Desa Batur terkenal dengan kerajinan topengnya. Pengolola berkomitmen akan menyediakan galeri untuk memajang kerajinan warga sekitar, termasuk topeng. Galeri ini akan menjadi tempat bagi pengunjung untuk membawa pulang aneka pernak pernik serta oleh-oleh khas Jogja.

Nah menarik bukan? Tunggu bulan Oktober 2017 untuk bisa menikmati ‘surga kecil’ di desa Batur ini.

***

BATOER HILL RESORT & RESTO
Desa Wisata Batur, Dusun Putat, Kecamatan Pathuk, Gunungkidul, Yogyakarta
Phone : 081225443716
www.batoerhillresort.com